Merah Putih Terbalik Di Sea Games, Netizen Indonesia Murka

KMCNews – Warna bendera Indonesia terbalik pada souvenir majalah di Sea Games Malaysia, membuat reaksi netizen Indonesia merasa berang.Diberbagai Media Social, netizen mengungkapkan rasa kesal dan marah terhadap Malaysia selaku tuan rumah.

Kejadian ini bermula dan terungkap, saat Menpora Imam Nahrowi mengupload majalah Souvenir Sea Games di akun twitter pribadinya, sembari membubuhi tulisan “ Pembukaan Sea Games yang bagus tapi tercederai dengan keteledoran fatal yang amat menyakitkan.Bendera kita Merah Putih . Astagfirullah,” tulis akun Imam Nahrowi tersebut, Sabtu (19/8).

Selang beberapa jam sejak Menpora mengupload majalah tersebut di Twitter, netizen Indonesia langsung memberi respon diberbagai media social.

“ Tetangga sudah ratusan tahun kok lupa,” tulis akun @mbak_luna di Instagram, sembari mengupload bendera Malaysia terbalik, sambil menulis keterangan foto tersebut, maaf kamipun lupa.

“ Lo boleh hina gua tapi jangan lambang negara gua, harga diri diatas segalanya,” tulis netisen lainnya, pemilik akun instagram @kitasemuasama_.

Pemerintah Indonesia, segera merespon kejadian ini dengan menginginkan adanya permintaan maaf secara diplomatik dari pemerintah Malaysia. Hal itu disampaikan Menpora Imam Nahrawi, Menko PMK Puan Maharani, Menkumham Yasonna Laoly dan Ketua KOI Erick Thohir usai menyaksikan pertandingan Polo Air di Venue Aqutic, Kompleks Stadion Bukit Jalil, Minggu (20/8).

Menko PMK Puan Maharani mengatakan agar pemerintah Malaysia mencabut semua majalah yang sudah beredar dibanyak kalangan.

“Diluar itu disengaja atau tidak, yang pasti kesalahan itu sudah tersebar. Karena ini persoalan simbol negara, maka saya ingin ada penyelesaian secara diplomatik,” kata Puan.

Sementara itu, Pemerintah Malaysia akhirnya meminta maaf kepada masyarakat Indonesia terkait tragedi terbaliknya warna bendera Indonesia pada majalah souvenir spesial di pembukaan Sea Games 2017.

Permintaan maaf itu disampaikan melalui Menteri Belia dan Sukan Malaysia Khairy Jamaluddin usai melakukan pertemuan  dengan Menpora Imam Nahrawi di Hotel Shangrilla, Kuala Lumpur, Malaysia, Minggu (20/8) siang.

“Saya baru tadi mengadakan pertemuan dengan Pak Imam (Menpora) berkenaan dengan kesalahan yang dibuat tuan rumah (Malaysia) dalam percetakan buku cendera mata yang diedarkan ke tamu kehormatan semalam.  Dimana ada kesalahan besar percetakan bendera Indonesia yang dicetak terbalik. Ini suatu kesalahan yang besar dan saya sebagai pihak tuan rumah telah memohon maaf kepada pak Imam selaku menpora dan memohon maaf pada seluruh rakyat Indonesia,” katanya.

“Ini tidak disengaja tetapi sesuatu yang  memang kesalahan kami, dan ini kesalahan  yang besar hingga merusak image indonesia. Untuk itu saya telah memerintahkan supaya semua buku tak diedarkan lagi, dan akan dibuat cetakan baru dibuat untuk dibetulkan dan akan dikirim kembali ke tamu negara yang hadir di acara pembukaan,” tambahnya.

“Permohonan maaf resmi akan dikeluarkan dari kerajaan Malaysia, termasuk permohonan resmi saya kepada Bapak Imam secara lisan dan tertulis sebagai bentuk permohonan maaf atas yang berlaku. Atas semangat setia kawan dan serumpun, permohonan maaf dapat dipertimbangkan oleh masyarakat dan kita bisa terus membina hubungan yang baik antar kedua negara, dan tanggung jawab kita memastikan selama Sea Games kita bisa mempererat silaturahmi dan persahabatan Malaysia dan Indonesia,” ucapnya, lagi.

Meski permintaan maaf Pemerintah Malaysia sudah disampaikan, hingga Minggu Sore (20/8)  para netizen Indonesia makin membanjiri dunia maya dan ramai membalik bendera Malaysia sebagai balasan kekecewaan, tak hanya di Instagram di Twitter juga viral dengan hastag #benderaterbalik.

“ Di Indonesia gara gara bendera terbalik orang bisa dipenjara, Ponpes di tutup, eh di Malaysia malah dibalik diacara resmi,”tulis  Suranto, pemilik akun twitter @ rantxzb.(K1)

Beri Komentar Di Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *