oleh

Cek Fakta : Luapan Akibat Pengolahan Emas di Jorok Liang Picu Kerusakan Lingkungan Di Danau Lebo

Sumbawa Barat – Aktivitas pengolahan tambang emas di Jorok Liang memicu luapan ke sekitar Danau Lebo.

Ini disorot warga setempat yang diwakili Adeni Muhadi Saputra, menurutnya luapan akibat air hujan ini jika tidak diatasi kedepan bisa menimbulkan pengaruh negatif di danau lebo, sementara saat ini saja menyebabkan rusaknya persawahan sejumlah petani setempat.

Sementara disatu sisi pihak perusahaan tambang melalui Hengki Irawan membantah jika luapan air hujan itu menyebabkan kerusakan sawah setempat.

Lalu seperti apa fakta kondisi sebenarnya dilapangan, tim cek fakta KMC Media Group turun ke lokasi Selasa (6/7/2021) didampingi warga setempat.

Berikut Foto Lokasi dimaksud oleh tim Cek Fakta :

Pihak Pengelolah Tambang Telah Membuat Semacam Saluran Untuk membawa Air Hujan luapan dari Bukit Jorok Liang ke Danau Lebo. Ini atas Permintaan Warga Setempat karena kalau tidak dibuatkan seperti ini luapan akan merusak lebih luas wilayah Sawah setempat. (Foto Doc.KMC)

Jalur Luapan Air Hujan Sebelumnya mengarah ke Sawah dan Perkebunan warga Ditutup dan Sebagai Solusi dibuatlah Saluran Baru tadi yang mengarah langsung lurus ke Danau Lebo. (Foto Doc.KMC)

Ujung Saluran baru yang dibuat mengarah langsung ke Danau Lebo.(Foto Dok KMC)

Hanya Sedikit Padi yg Rusak (Tampak Kuning) di Sawah yang berada di ujung Saluran yang baru dibuat disisi sebelah kanan ujung saluran, dan nyaris hanya satu petak Sawah itu saja yang ada di ujung Saluran.(Foto Dok.KMC)Nampak Padi di Sawah bagian Sebelah Kiri Saluran Menghijau, jarak dengan saluran sekitar 50 meter. (Foto Dok KMC)

Nampak Air yang tergenang ini adalah air Danau Lebo, yang mengalir ke saluran, tapi jika hujan turunair Danau Lebo akan didorong keembali ke Danau Lebo dari luapan air Jorok Liang.Saat ini air yang tergenang/mengalir baik dalam musim hujan atau tidak sejauh ini belum diketahui apakah mengandung Zat kimia berbahaya atau tidak, namun tanaman disekitar masih tumbuh seperti biasa.(Foto Doc KMC)

Baca Juga :

Penampakan Sawah, Diduga Akibat Luapan Limbah Pengolahan Tambang di Sekitar Danau Lebo

Pengelolah Emas Jorok Liang Bantah Pengaruhi Kerusakan Sawah Sekitar

 

 

Komentar

Komentar Anda

Berita Lainnya