Tanya Jawab Tentang Khuruj Fisabilillah

Bismillah, mudah2an yg masih bingung tentang khuruj fisabilillah bisa terbantu sedikit dan mudah2an jadi asbab hidayah.

Tanya: Apa artinya khuruj fisabilillah?

Jawab: Keluar di jalan Allah. (Bukan keluar dari jalan Allah). Jika ada orang dluar sana memberi tau jika atap rumah kita ada yg rusak, ada yg kurang, kita tidak akan bisa tau jika kita hanya berada di dalam rumah saja, kita harus keluar dari rumah dulu supaya tau dimana yg rusak, apa yg kurang, dimana yg harus di perbaiki. Begitu juga dengan diri kita, amal kita, iman kita ini jika ingin tau dimana yg rusak, dimana yg kurang, dimana yg harus di perbaiki, ya kita harus keluar dulu, di jalan Allah! Bukan di jalan2 yg lain!

Tanya: Dengan cara apa?

Jawab: Salah satunya pesantren kilat itikaf 3 hari di mesjid! Jika masih kurang boleh 40 hari, jika masih kurang boleh 4 bulan.

Tanya: Apa dalil kuruj/pesantren kilat di mesjid 3 hari, 40 hari, 4 bulan ini?

Jawab: Apakah ada dalilnya juga sekolah sd 6 tahun, smp dan sma 3 tahun? Sebenarnya pertanyaannya yg salah, harus nya untuk apa khuruj/pesantren kilat 3 hari di mesjid? Jawabnya adalah dakwah dan memperbaiki diri di jalan Allah. Yang di dakwahkan adalah kalimat laillaha ilAllah..! Yang di perbaikin adalah: Iman kita..! Ahlak kita..! Amal kita..!

Tanya: Apakah ini di ajarkan RasulAllah dan para sahabat nya?

Jawab: 124,000 Nabi Allah utus ke dunia ini Allah tugaskan untuk dakwah kepada umatnya, agar umatnya mengenal dan taat kepada Allah s.w.t termasuk Rasulullah.  Begitu juga dgn para sahabat Rasulullah dan wali2 Allah setelahnya dan jika para sahabat dan wali2 Allah setelahnya tidak menyebar untuk meneruskan dakwahnya Rasulullah dan hanya sekedar sholat2 aja, habis sholat di mesjid terus pulang kerumah santai2 nonton tv saja di rumah, kerja2 saja, mungkin kita di Indonesia ini masih menyembah batu2 atau dewa2!

Tanya: Apa saja sih aktifitas ketika khuruj fisabilillah / pesantren kilat di mesjid selama 3 hari ?

Jawab:

1. Sholat 5 waktu + sholat rawatibnya.

2. Zikir pagi dan petang + membaca alquran

3. Mengerjakan semua sholat2 sunnah (israq,dhuha, tahajud, dll)

4. Mendengar bayan/tausiah tentang pentingnya iman dan amal soleh, (ba’da sholat subuh dan mahgrib)

5. Ta’lim wa ta’lum (tentang keutamaan membaca alquran, sholat, dzikir, kisah2 sahabat dll)5. Belajar membaca alquran


6. Muzakarah/berbagi ilmu tentang : 

  • mengenal dan mengamalkan sunnah2 Rasulullah.
  • mengenal hakikat kalimat laillaha ilAllah..muhammadaRasulullah..
  • tata cara/fiqih sholat khusyu wal khudu
  • pentingnya ilmu dan zikir
  • berusaha meniru ahlak Rasulullah dan sahabat dan belajar memuliakan sesama saudara muslim, (memuliakan ulama, ustadz, memuliakan orang tua, anak, istri dll)
  • belajar ilmu ihklas
  • penting dan keuatamaanya dakwah dan tabligh
  • tata cara/fiqih wudhu
  • adab/sunnah tidurnya Rasulullah
  • adab/sunnah cara makan dan minumnya Rasulullah-adab/sunnah keluar masuk wc-adab/sunnah cara buang air kecil dan besar Rasulullah.
  • adab/sunnah cara keluar masuk + itikaf di mesjid, Dll-belajar menjaga wudhu selama beritikaf di dalam mesjid


7. Berjaulah/berkeliling dari pintu ke pintu untuk dakwah/mengajak saudara2 muslim di sekitar mesjid untuk sholat berjamaah ke mesjid, dengan sambil mengingatkan bahwa kita umat muslim ini di persatukan oleh kalimat laillaha..ilallah.. dunia ini sementara akhirat selamanya, di akhirat kita perlu bekal yaitu iman dan amal sholeh..! InsyaAllah bila ada waktu mari sama2 ke mesjid untuk sholat mahgrib berjamaah, karna setelah mahgrib ada pembicaraan tentang pentingnya iman dan amal sholeh…

Tanya: Itukan ada ta’lim wa ta’lum dan ada belajar mengajinya juga itu siapa yg ngajarin? Jgn2 asal2an juga!

Jawab: Tenang bro biasanya ketika kuruj atau pesantren kilat 3 hari di mesjid itu biasa ada 1 org atau lebih ustad yg nemenin jamaah, yg sdh hapal ratusan bahkan ribuan hadist dan tak jarang jg di temanin oleh hafis2 quran insyAllah..

Tanya: kok amal terus, emang gak makan gak tidur?

Jawab: Tenang bro.. pastinya ada tidur dan makannya juga. 
Makan dan tidur:- Sarapan pagi setelah zikir pagi dan sholat israq/dhuha- Qailulah (sunnah tidur sebelum dzuhur).- Makan siang ba’da dzuhur.- Jika sempat tidur siang setelah sholat dzuhur dan ta’lim.- Sore coffee time jika sempat..- Makan malam setelah sholat isya + ta’lim akhir tentang kisah2 sahabat Rasulullah.- Tidur malam jam 9/10 setelah menyelesaikan amalan2 sunnah sebelum tidur.- Jam 3 subuh bangun persiapan tahajud dan sholat subuh.!

Tanya: Siapa saja yg pernah kuruj/ikut program pesantren kilat 3 hari di mesjid ini?

Jawab: Alhamdulillah banyak sekali yg sdh pernah merasakannya dan insyAllah masih istiqomah sampai sekarang! Di kalangan ulama ada:


– Habib sholeh al jufri dari solo (murid habib umar al hafiz hadra maud)- Kh. Tengku Zulkarnain (yg biasa di tabligh akbar tv one/sekjen mui)- Kh. Arifin Ilham (adzikra)- DLL

Dari kalangan artis :- Derry Sulaiman (ex gitarist betrayer)- Uki, Ahmad Dhani bersama istri Mulan Jameela, Reza, Lukman (noah)- Ihsan (basist editional noah)- Sunu dan seluruh personil (mata band)- Ray (nine ball band)- Alm gito rollis- Hengky tornando- Dedi miswar (wakil gubernur jabar)Dan masih banyak lagi dari berbagai kalangan berbagai mahzab berbagai firqoh, bahkan mantan2 preman!

InsyaAllah mudah2an setelah 3 hari di mesjid mengamalkan semua kegiatan di atas, iman meningkat dan ada kekuatan untuk mengamalkannya juga di rumah atau minimal sholat 5 waktunya sudah tidak bolong bolong lagi! Tau pahala jika menunaikan sholat dan tau ancamannya jika meninggalkan sholat.!

Tanya: Apa saja pahala yg kita dapat kuruj 3 hari atau pesantren kilat ini?

Jawab: Sholat sunnah 2 rakaat saja setelah azan subuh Allah balas dengan pahala yg lebih baik dari pada dunia dan seisinya apalagi mengamalkan semua aktifitas dan amalan di atas? Blm lagi Allah bangunkan rumah di surga bagi org yg sholat 12 rakaat (sholat rawatib) dalam sehari?

Blm lagi Allah beri pahala 100 org mati syahid bagi yg amalkan sunnah Rasulullah dan masih banyak lagi Allah beri pahala dgn amalan2 di atas. Blm lagi Allah ampunkan dosa2 kita sampai habis bersih seperti daun2 kering yg habis lepas beguguran dari dahannya ketikan di guncang guncangkan. Nikmat Allah mana lagi yg mau kau dustakan kawan? Sdh gak usah banyak tanya, gk usah banyak alasan, ayok luangkan waktu yg pas, 3 hari saja untuk rasakan manisnya iman. Yang blm pernah ikut ayok rasai sendiri, yg udh pernah ikut ayok, ayok cas lagi imannya biar jos..
Terakhir barusan ada yang tanya, kenapa cuma 3 hari, 40 hari dan 4 bulan saja? Dan yg di perbaikin banyak iman, ahlak, amal? Sedangkan Rasulullah 13 tahun khusus hanya untuk benerin masalah tauhidnya para sahabat r.a?
Jawabnya: Di ajak 3 hari aja antum masih banyak tanya, apalagi 13 tahun! 

Jika ada benarnya dari postingan ini, maka datangnya dari Allah s.w.t. Jika ada kesalahan kekurangan, maka datangnya dari kebodohan saya sendiri, semoga bermanfaat