Danrem : “Jadikan Semangat Pahlawan Pemersatu Bangsa Jaga NKRI”

KMCNews, Mataram – Hari pahlawan diperingati setiap tahunnya pada tanggal 10 November. Tahun ini, upacara hari pahlawan digelar di Halaman Kantor Gubernur NTB jalan Pejanggik Mataram dan Wakil Gubernur NTB Hj. Sitti Rohmi Djalilah bertindak sebagai Inspektur Upacara, Sabtu (10/11).

Pada kesempatan tersebut, Danrem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos. SH. M.Han., bersama para stakeholder Provinsi NTB, Kepala SKPD, beberapa sesepuh veteran juga terlihat hadir pada upacara Peringatan Hari pahlawan tersebut.

Usai upacara, Danrem mengajak kepada seluruh komponen anak bangsa untuk mengenang jasa para pendahulu, para pahlawan dan perintis kemerdekaan, para founding father Republik Indonesia, yang telah berjuang dengan segenap pikiran, tenaga dan gerakan perjuangan yang mereka lakukan secara kolektif.

“Kondisi kita saat ini tidak terlepas dari perjuangan mereka para Pahlawan sehingga semua bisa kita nikmati seperti sekarang sebagai bangsa yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur sesuai dengan cita-cita bangsa yang terkandung dalam pembukaan UUD 1945,” jelas Ahmad Rizal.

Menurutnya, kita sebagai generasi penerus bangsa harus kompak untuk bersama-sama menjaga kedaulatan bangsa dan negara dari segala bentuk rongrongan baik dari dalam maupun dari luar dalam berupa ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan.

“Hal ini sesuai dengan tema yang diusung pada peringatan hari pahlawan kali ini yakni Semangat Pahlawan di Dadaku,” ujarnya.

Orang nomor satu tersebut berharap dan menghimbau untuk mengisi kemerdekaan ini dengan hal-hal yang bersifat positif dan tidak melakukan tindakan-tindakan yang dapat merugikan diri sendiri, keluarga maupun bangsa dan negara.

Upacara peringatan hari Pahlawan ini diikuti personel TNI, Polri dan ASN Pemeritah Provinsi NTB dan seluruh instansi terkait yang dilanjutkan dengan ziarah rombongan ke Makam Pahlawan Alm. Zainuddin Abdul Majid di Pancor Kecamatan Selong Kabupaten Lombok Timur.(*)