Sebanyak 25 Nominator Anugerah ASN 2018 Masuk Tahap III

KMCNews, Jakarta – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) kembali mengumumkan 10 nominator PPT Pratama Teladan dari jumlah sebelumnya sebanyak 50 nomine. Sementara untuk kategori PNS Inspiratif sebanyak 15 nominator dari jumlah sebelumnya sebanyak 52 orang masuk ke tahapan selanjutnya.

Untuk kategori PPT Pratama Teladan diumumkan melalui surat pengumuman bernomor 500.1/SM.99/2018 yang ditandatangani Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB selaku Ketua Panitia Seleksi Anugerah ASN 2018 Setiawan Wangsaatmaja. Sedangkan untuk PNS Inspiratif diumumkan melalui surat pengumuman bernomor 478.1/SM.99/2018.

Berdasarkan Peraturan Menteri PANRB Nomor 29 tahun 2018 tentang Pedoman Pelaksanaan Anugerah Aparatur Sipil Tahun 2018, para nomine yang telah lolos ditahap II akan masuk ke tahapan selanjutnya yaitu tahap presentasi dan wawancara. Pada tahapan ini,  nominator PPT Pratama maupun PNS Inspiratif akan menceritakan atau menyajikan pengalaman dan kiprahnya, termasuk inovasi yang dilakukan hingga berhasil masuk 12 besar.

Setelah tahap wawancara, panitia seleksi Anugerah ASN Tahun 2018 akan melakukan penilaian rekam jejak dan integritas yang dilaksanakan dengan mekanisme verifikasi lapangan untuk memastikan mereka memang layak dijadikan panutan dan teladan. Setelah semua tahapan dilakukan, tim juri yang terdiri dari akademisi, praktisi, profesional, dan pemerhati manajemen SDM akan melakukan rapat akhir untuk menetapkan tiga nomine terbaik nasional.

Sebelumnya, Setiawan menyampaikan bahwa ajang Anugerah ASN Tahun 2018 merupakan ikhtiar untuk memilih dan mendapatkan sosok ASN panutan yang kiprah dan kinerjanya baik, bahkan melampaui ekspektasi organisasi dan masyarakat. Untuk kedua kategori tersebut calon peserta tidak diperkenankan mengusulkan dirinya sendiri, namun harus diusulkan oleh instansi atau masyarakat.

Dijelaskan, selain untuk mendapatkan dan memberikan penghargaan, Anugerah ASN Tahun 2018 ini diharapkan dapat meningkatkan persepsi positif masyarakat terhadap ASN, serta untuk mendapatkan basis data alternatif talenta ASN dalam kerangka manajemen talenta nasional. Setiawan optimis kontestasi inovatif ini dapat mendorong tumbuh kembangnya pegawai ASN yang patut dicontoh, serta dapat  melahirkan para pemimpin masa depan (The Future Leader) yang dapat dijadikan teladan. (*)

Beri Komentar Di Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *