oleh

Warga Kertasari Minta Pembangunan Hotel di Moro Dihentikan

Sumbawa Barat – Belasan Warga Kertasari Kecamatan Taliwang melakukan aksi protes terhadap pembangunan hotel di Pantai Moro dengan mendatangi lokasi hotel tersebut, Senin (9/8/2021).

Salah seorang dari warga setempat, Sukardi mengaku pelaksanaan pembangunan hotel ini mengabaikan dan tidak komitmen terhadap pemberdayaan masyarakat lokal Kertasari dan sekitarnya.

“ Karena itu kami minta pembangunan hotel ini untuk sementara waktu dihentikan sampai ada kejelasan komitmen dari pihak hotel,” tandas Sukardi.

Rasyid Warga Kertasari lainnya menambahkan, komitmen yang dimaksud dijelaskan, beberapa pekerjaan yang melibatkan subkontraktor lokal setempat dihentikan dengan dalih pihak pengelolah hotel tidak memiliki uang, dan beberapa diantara pekerjaan subkontraktor lokal tidak dibayarkan.

” Kepada kami pihak pengelolah hotel ini mengaku tidak memiliki uang dan pekerjaan kami yang sebelumnya telah selesai tapi sebagian tidak dibayarkan, namun justru pekerjaan yang ada diam-diam dilanjutkan oleh pihak lain dari luar KSB,” ujarnya.

Tak hanya disitu, Sumareng Daeng warga Kertasari lainnya yang juga ikut kemarin, menyatakan kecewa dengan sikap pengelolah hotel ini dimana saat ini tidak lagi memberdayakan karyawan lokal warga setempat.

” Kami juga minta dan tekankan disini perusahaan pelaksana pembangunan hotel yang ada juga wajib pekerjakan tenaga lokal yang ada, berapapun warga yang datang minta pekerjaan harus diakomodir seperti sebelumnya,” cetusnya.

Sementara itu, pihak Pemerintah Desa Kertasari yang diwakili Muhammad Ridwan Kasi Pemerintahan, yang turut ikut ke lokasi didampingi Babinsa mendukung warga agar dilakukan penghentian sementara pembangunan hotel sampai adanya komitmen pihak pengelolah hotel.

Menurut Ridwan, Pemerintah Desa Kertasari sudah mendengar keluhan warga setempat dan pihaknya sebagai Fasilitator dan akan mempertemukan warga dengan pengelolah hotel.

” Ya kami disini memfasilitasi warga dan pihak hotel, sementara kita minta pembangunan hotel ini dihentikan sementara sampai ada kejelasan dan pertemuan kedua belah pihak,” ujarnya dilokasi hotel kemarin.

Pantauan KMCNews kemarin, sebelumnya warga yang turun ke lokasi pembangunan hotel di Pantai Moro telah mendatangi Kantor Desa Kertasari, dan meminta Desa memfasilitasi pertemuan dengan pihak hotel, namun hingga beberapa saat pihak hotel tak kunjung hadir maka warga langsung mendatangi lokasi pembangunan hotel, disini di lokasi pihak hotel pun tidak ada satu pun yang menemui warga, kabarnya pihak hotel sedang berada di Taliwang. (K1)

Komentar

Komentar Anda

Berita Lainnya