oleh

Tingkatkan Skill Siswa, SMK di KSB dan Sumbawa Menjalin Kerja Sama dengan PT RUM

Sumbawa Barat – Dalam upaya meningkatkan sumber daya manusia (SDM) khusus bagi siswa SMK diwilayah Sumbawa Barat dan Sumbawa, pihaknya menggandeng PT Rezza Usaha Mandiri (RUM) menjali kerja sama dalam bidang teknik khusus kelas industri.

Hadir dalam kesepakatan kerja sama tersebut staf gubernur NTB, koordinator MKKD pulau Sumbawa, KCD Dikbud Sumbawa, pengawas SMK pulau Sumbawa, koordinator Sumbawa Barat dan Sumbawa, serta kepala sekolah SMKN 1 Maluk, SMKN Taliwang, SMKN Seteluk, SMKN Brang Ene, SMKN Brang Rea, SMKN 1 Plampang, SMKN 2 Sumbawa, SMKN Buer diruang metting PT RUM, Kamis (30/9).

Dikesempatan tersebut, Dirut PT RUM Yutfi Iriandi, ST yang dikonfimasi menjelaskan kesepakatan kerja sama antara SMK dengan PT RUM tujuan menciptakan siswa yang bersill di bidang teknik kelas industrial, di pelaksanaan kesepakatan kerja sama ini LPKS Rum Teknik Inovasi sebagai pelaksana teori kelas sesuai kurikulum yang ditetapkan.

“Keberadaan PT Rum sebagai pelaksana praktek dari teori kelas yang disampaikan oleh LPKS Rum Teknik Inovasi sehingga akan lahir siswa yang berdaya saing dengan keterampilan (Skil) dimiliki sesuai kurikulum yang siap pakai didunia industri dan pertambangan.” jelas Yutfi yang merupakan kepala lembaga pelatihan keterampilan swasta (LPKS) Rum Inovasi Teknik.

Sementara itu, Koordinator MKKD Pulau Sumbawa, Jayadi mengatakan kepada media ini bahwa di NTB sudah dibuka kelas industri untuk SMK. Tentu kelas industri harus kerja sama dengan dunia industri, dunia usaha dan dunia kerja (Eduka). Dan PT Rum ini adalah salah satu perusahaan Eduka yang ada di KSB dan satu-satunya di NTB.

“Tentunya anak-anak kita bisa meningkatkan kompetensi di PT RUM ini. Kemudian PT RUM dengan SMK kita dorong untuk tetap bekerja sama, sehingga kompetensi dan skil apa yang dibutuhkan insyaallah akan digembleng oleh PT RUM,” ujarnya.

Jayadi meminta, kedepanya PT RUM dapat mengakomodir seluruh SMK di NTB, untuk mendapatkan jadwal praktek.

“Kami berharap agar kerjasama yang akan kita bangun dengan PT RUM ini tetap terjalin, agar lulusan SMK kedepannya setelah lulus langsung dapat diterima kerja oleh perusahaan,” harap Jayadi.

Senada dengan itu, KCD Dikbud Sumbawa, Nasrullah Darwis, M. Pd menyampaikan, terkait kerjasama dengan PT RUM ini pihaknya akan langsung menginventarisir sekolah mana yang mempunyai kompetensi dan keahlian apa yang akan ditangani, dan akan disambungkan langsung ke PT RUM.

“Kami akan segera tindak lanjuti terkait dengan rencana kerjasama dengan pihak PT RUM. Saya mewakili Pemprov NTB akan mendukung secara total kegiatan ini, karena outputnya SMK dilihat dari seberapa besar sekolah itu mampu meluluskan siswa dan terserap di dunia kerja. Kemudian  alat-alat yang dimiliki PT RUM sangat luar biasa, saya tidak menyangka di KSB ada fasilitas yang sangat lengkap seperti ini,” akunya.

Tidak sampai disitu, Kepala KCD Dikbud Sumbawa Barat, Suprianto, S. Pd. Bio juga mengakui pihaknya akan membangun kerjasama dengan PT RUM terkait peningkatan kapasitas kerja dan kapasitas peserta didik SMK yang ada di KSB.

“Dengan adanya kerjasama ini, kami berharap bapak Gubernur mendukung  PT RUM ini selaku PT lokal untuk bekerja sama dengan seluruh SMK yang ada di NTB, khususnya KSB. SMK tidak hanya menghasilkan produk lagi, tapi menghasilkan skill yang siap dipakai oleh perusahaan yang ada di Sumbawa Barat seperti, Smelter, Bintang Bano dan PLTU yang bertaraf internasional,” tandasnya.(K-If)

Komentar

Komentar Anda

Berita Lainnya