Tinggi Minat Konsumen Terhadap Lampu Hias Motif Sumbawa

KMCNews – Salah satu produk kerajinan Sumbawa yang diproduksi Taliwang Art Sumbawa Barat, yakni lampu hias motif Sumbawa laku terjual dan menarik minat.

Dalam beberapa bulan terakhir, ratusan lampu hias yang terbuat dari bahan buah maja dan labu ini terjual mulai dari yang ukuran kecil sampai ukuran besar.

Nuansa male atau motif Sumbawa yang dipancarkan dari bola lampu membentuk wallpaper di dinding kamar, menjadi daya tarik sendiri sejumlah konsumen.

Salah satu konsumen Sucilawati mengaku puas dengan produk yang diperoleh dari Taliwang Art tersebut.

“ Seni, pancaran bola lampunya bikin anak-anak senang dan suasana ruang dalam kamar terasa romantis,” ujar Bidan muda yang mengaku salah seorang konsumen, kepada KMCNews.

Tak hanya ibu muda ini, salah seorang konsumen lainnya Munirah mengaku juga tertarik dan sudah memesan, menurut pengusaha muda yang suka mengoleksi produk kerajinan bernuansa seni tersebut, mengaku sekali melihat produk ini langsung jatuh cinta.

Produk karya Taliwang Art, sudah dipamerkan dalam sejumlah pameran di Jakarta dan Mataram, dalam pameran tersebut cukup menarik minat pengunjung, sayangnya sejauh ini produk tersebut belum bisa di produksi secara massal karena kurangnya peralatan.

Untuk bahan baku dari buah maja dan labu tersedia banyak dan dapat diperoleh dari sejumlah petani setempat.

“ Bahan bakunya kami beli dari petani yang ada, saat ini kami belum bisa produksi massal karena peralatan masih seadanya, selain itu kami masih kerjakan sendiri, rencana kami kedepan akan melatih sebagian pemuda yang ada untuk ukir dan desainnya kemudian akan kami rekrut sebagai pekerja rutin, sehingga bisa memenuhi permintaan pasar dengan cepat,” ujar Herianto pengrajin lampu hias motif Sumbawa sekaligus seniman lokal.

Untuk harga, lampu hias ukuran kecil dibandrol seharga 200 ribu hingga 300 ribu, sedngkan untuk ukuran besar dibandrol seharga 250 ribu hingga 350 ribu, harga tersebut terbilang cukup murah jika dibandingkan karya seni yang dihasilkan.

Harga lampu hias motif Sumbawa tersebut, berdasarkan pantauan terbilang cukup rendah bila dibandingkan produk yang sama di Bali bisa mencapai harga minimla Rp. 400 ribu. (K1)