Terdampak Kekeringan, Amman Mineral Salurkan Air Bersih Bagi Masyarakat Sekongkang

KMCNews – Kemarau panjang yang terjadi tahun 2019 menyebabkan beberapa wilayah terjadi kekeringan,  yang cukup berdampak bagi masyarakat.Sejumlah masyarakat di Kecamatan Sekongkang misalnya, merasakan kesulitan air bersih.

Perusahaan tambang batu hijau Amman Mineral yang beroperasi di wilayah setempat, mengambil peran dalam membantu masyarakat untuk penyediaan sarana air bersih.

Sarana air bersih dengan jaringan gravitasi dan sumur dalam telah dibangun Amman Mineral di Sekongkang dan Tatar, namun tetap saja tidak maksimal memenuhi kebutuhan masyarakat bahkan cenderung kering selama musim kemarau yang terjadi sejak bulan Mei tersebut.

Sebagai solusi, perusahaan Amman Mineral menyediakan 1 unit truk air bersih dan 10 unit tandon kolektif. Tiap hari air bersih ini disalurkan kepada masyarakat yang ada di Sekongkang Atas, Sekongkang bawah, Kemuning dan Tatar dan hingga kini sudah sebanyak  35.000 liter air bersih disalurkan ke tengah-tengah pemukiman masyarakat setempat.

“ Air gravitasi Sekongkang masih berjalan, namun debitnya sangat kecil dan tidak bisa mencukupi kebutuhan masyarakat saat musim kemarau, karena itu kami bantu cara lain seperti menyediakan  truk tangki air dan tendon untuk penampungan air sehingga masyarakat bisa memenhi kebutuhan mereka selama musim kering ini,”terang H. Syafruddin Jarot, Senior Manager Social Responsibility Amman Mineral, Kamis (7/11/19) kepada sejumlah media.

Selain itu, untuk memenuhi kebutuhan sarana air bersih bagi masyarakat, Amman Mineral menurut Haji Jarot, kembali akan melakukan perbaikan sejumlah sarana sumur bor yang selama ini bermasalah, sehingga kedepan dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat.

“ Penyediaan sarana air bersih ini merupakan salah satu bentuk dari sekian program tanggung jawab social perusahaan dalam membantu masalah yang dihadapi masyarakat, dan perusahaan sangat berkomitmen dalam hal ini,”tandasnya.

Pantauan Media saat distribusi air bersih dilakukan Amman Mineral di Desa Sekongkang Atas, nampak sejumlah Ibu-ibu sangat antusias menyambut  kedatangan tangki air.

Mereka nampak bergegas langsung menuju ke tendon tempat penampungan air  dengan membawa ember masing-masing, mulai dari truck tangki air memindahkan air ke tendon hingga truck tangki berlalu, mereka antri mengambil air sambil dibantu sejumlah karyawan rekanan Amman Mineral.

Salah satu dari sekian ibu ini mengaku cukup terbantu, karena menurut mereka sejauh ini cukup kesulitan mencuci pakaian, cuci piring, pakaian hingga kebutuhan air untuk memasak.

“ Ya kami senang dan bersyukurlah dengan bantuan ini, karena kemarau ini cukup panjang, akibatnya sumur kami kering, air bukannya tidak ada, tapi debitnya sangat kecil sekali sementara kebutuhan kami banyak, ya dengan adanya bantuan air begini merasa terbantulah,”ujar Ibu Sri salah satu masyarakat setempat.(*)

Tonton Video Distribusi Air Bersih Amman Mineral Berikut :