Kabupaten Sumbawa Provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia menyimpan ragam kekayaan yang dimiliki.

Hal ini terbukti dengan penyebutan daerah ini sebagai “Tanah Intan Bulaeng” yang bermakna bahwa tanah Sumbawa adalah tanah yang kaya akan sumber daya alam dan terdapat emas permata sebagai Karunia dari Tuhan Yang Maha Esa.

Tanah Samawa atau kabupaten Sumbawa disamping memiliki kekayaan Alam yang berlimpah ruah, daerah ini juga dikenal dengan  padang rumput yang luas sebagai tempat berkembang biaknya hewan seperti kuda, kerbau serta hewan lainya.

Karena faktor kekayaan alam daerah ini juga menyimpan banyak makanan dan masakan khas yang menarik untuk dirasa. Salah satunya kuliner khas Sumbawa yang jarang bahkan mungkin tidak ditemukan di daerah lainya di Indonesia ini. Adapun masakan atau kuliner ini sangatlah muda dibuat dan resepnya pun sangat sederhana namun mampu menghipnotis para penikmatnya.

Salah satu dari kuliner yang menjadi favorit orang Sumbawa yaitu,  ‘Singang’ karena masakan ini sangat menggugah selera.

Singang adalah Ikan Yang dimasak berkuah dengan berbagai ramuan rempa-rempa yang tersediah dan muda didapat di alam tanah Samawa ini. berbagai macam rempah tersebut selintas mirip dengan gulai ikan karena kuahnya namun Singang mempunyai rasa tersendiri. Dari tampilannya, kuah Singang sudah cukup menggugah selera.

Warna kuah yang kekuningan dipadu dengan warna hijau daun kemangi dan warna merah cabe rawit, menjadikan menu masakan ini terlihat segar. Sementara rasa kuah Singang yang di dalamnya ada asam Jawanya, terasa agak asam, tapi sangat lezat.

Untuk bisa menikmati menu masakan ini di Sumbawa tidak terlalu sulit, karena cukup banyak warung makan di Sumbawa yang menyediakan menu yang satu ini. Salah satu warung yang sudah lama menyajikan masakan khas ini berada di dekat monumen arah kota Sumbawa. Singang, menurut pengelola warung makan di Sumbawa, berbahan ikan segar. Ikan yang dipilih boleh apa saja. Namun, mereka menganjurkan menggunakan ikan bandeng atau  kakap.

Baca Juga :  Zero Band Asal Maluk Juara Festival Batle Of The Band

oleh : ArdiansyahFakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Samawa

Post ADS 1
Artikel sebelumyaWebinar dan Pelantikan Pengurus SYE NTB 2023
Artikel berikutnyaPemprov NTB Apresiasi Capaian AMMAN di Tahun 2022 dan Rencana AMMAN di Tahun 2023

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here