oleh

Sikapi Masalah Sosial, Dissos KSB Bentuk TRC (Tim Respon Cepat)

Sumbawa Barat – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat melalui Dinas Sosial membentuk Tim Respon Cepat (TRC), guna mengatasi masalah sosial yang ada ditengah masyarakat.

Kepala Dinas Sosial Sumbawa Barat, dr. Syaifuddin melalui Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Suryaningsih, S.Sos mengatakan, dibentuknya tim respon cepat ini mencermati banyaknya pengaduan masyarakat selama ini, sehingga perlu disiapkan solusi dalam membantu masyarakat.

Suryaningsih menegaskan sasaran utama TRC adalah Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS).

” Ada 26 jenis PPKS diantaranya anak terlantar, lansia, penyandang disabilitas, anak anak korban tindak kekerasan dan tuna susila,” ujar Suryaningsih kepada KMCNews, Senin (3/5/2021).

TRC nantinya disebutkan Suryaningsih, akan merespon langsung lebih cepat dan fokus setiap ada laporan masyarakat.

Nantinya TRC disebutkannya akan terdiri dari 3 Divisi yakni, Divisi Asesmen, bantuan langsung dan Advokasi lanjutan.

” Dari Asesmen inilah nanti TRC akan membantu PPKS ini apakah masalahnya pada persoalan pangan, sandang, kesehatan, perumahan, pendidikan, sosial ekonomi atau pekerjaan,” tambah Suryaningsih.

Sejauh ini menurutnya, diantara persoalan sosial yang banyak dilaporkan masyarakat yakni lansia terlantar dan masalah anak.

Khusus untuk masalah anak ini hingga memasuki Triwulan kedua menurut Suryaningsih cukup banyak laporan masyarakat, yakni ada 26 laporan, dimana 10 diantaranya terkait masalah hukum baik sebagai korban, saksi maupun pelaku sedangkan 16 lainnya yakni masalah anak yang terlantar, sedangkan untuk tahun 2020 lalu masalah anak mencapai 76 laporan.

” Laporan masyarakat selama ini ada yang langsung menghubungi Dissos ada juga yang kami pantau langsung melalui media sosial seperti Facebook,” ungkap Suryaningsih.

Sementara untuk masyarakat KSB yang ingin menghubungi TRC kedepan, Suryaningsih menyebutkan masyarakat bisa langsung menghubung WA di nomor 081916891792 atau 082320754514.

” Insya allah kami akan bergerak cepat melalui TRC ini dan langsung turun,”pungkas Suryaningsih.(*)

 

Komentar

Komentar Anda

Berita Lainnya