Serem,Ibu Ini Ngaku Lihat Makhluk Halus Tinggi Besar Di Pegunungan KSB

KMCNews, Taliwang – Cerita mengerikan ketemu hal aneh yang diduga makhluk halus dialami seorang warga Sumbawa Barat Yulia, tepatnya di sebuah gunung tambang rakyat seputaran Kecamatan Jereweh.

” Ya Allah, seumur- umur masuk lokasi baru liat makhluk halus yg sanggat menyeramkan sampe demam saking takutnya,” tulis Yulia seperti dikutip KMCNews diakun medsos Facebook pribadinya.

Masih menurut Yulia, makhluk halus tersebut terlihat dengan bentuk badan tinggi besar berwarna hitam dan dari badannya mengeluarkan bara api, kejadiannya sekitar magrib selasa malam tadi (31/7).

Menanggapi kejadian ini, salah seorang Facebooker memberi komentar percaya dengan kejadian tersebut.

“Percaya saya lok buyuli liat yg begitu,.karna dulu saya waktu masih abg juga pernah liat,. Dan itu cmn sekali itu,. Sampe detik ini gak pernah lagi,.,.. Hati hati bu yuli,” komentar Syarifa Bulan.

Cerita serupa menurut salah seorang warga KSB, Ranggi bukan hal baru,menurutnya kejadian seorang melihat makhluk halus tinggi besar sudah biasa didengar.

Meski ia sendiri mengaku belum pernah melihatnya tapi percaya kalau hal itu nyata dan ada.

” Orang Taliwang tempo dulu karena mungkin gelap, entah di Kampung apalagi dalam kebun sering cerita ketemu yang begian dan itu disebut “Setan Longgak”, katanya.

Seperti dilansir salah satu laman khusus yang membahas masalah alam gaib, dijelaskan alasan makhluk halus menampakkan dirinya diantaranya,

1. Merasa terganggu

Makhluk halus menampakkan wujudnya kepada manusia ketika merasa dirinya terganggu, makhluk halus akan menampakkan diri kepada manusia atau menyerang manusia, misalnya: membuat orang kesurupan, menakuti orang, dan menciptakan fenomena-fenomena seram agar manusia berhenti mengganggu mereka.

Tindakan mereka ini merupakan bentuk protes makhluk halus kepada manusia (jika di alam manusia disebut demo atau unjuk rasa )

2. Ingin ikut kepada manusia

Terkadang makhluk halus menampakkan diri dalam wujud seperti manusia normal karena ingin mengabdi kepada manusia, misalnya: ingin menjadi murid seorang ulama, ingin membantu atau menolong seseorang, dan sebagainya. Makhluk halus seperti ini tergolong makhluk halus yang baik hati, atau jika di alam manusia disebut dermawan

3. Jatuh cinta kepada manusia

Terkadang ada makhluk halus kesepian yang jatuh hati kepada seorang manusia. Mereka bisa hantu pria maupun hantu wanita yang naksir kepada seorang manusia.

Misalnya, Hantu Peri. Peri adalah hantu wanita cantik penunggu kali yang sering dikisahkan jatuh cinta kepada seseorang yang setiap harinya sering mandi di kali.

Selain itu, Hantu Genderuwo. Makhluk halus ini tergolong hantu mata keranjang karena suka mengganggu istri orang yang ditinggal suaminya, dalam bahasa jawa disebut nyelunuk

4. Dipanggil oleh manusia

Makhluk halus terkadang datang dan menampakkan diri jika dipanggil oleh manusia. Misalnya, terkadang dukun mendatangkan makhluk halus untuk dimintai bantuan, atau seorang paranormal yang ingin berkomunikasi dengan makhluk halus, atau terkadang seseorang yang belajar lelaku alias belajar supranatural ingin melihat wujud makhluk halus. Maka makhluk halus akan datang dan menampakkan diri kepada manusia karena dipanggil.

5. Hantu kepergok

Makhluk halus terkadang bisa terlihat oleh manusia karena sedang kepergok. misalnya, manusia memasang kamera trap pada malam hari di tempat angker, atau terkadang kamera potret secara tidak sengaja menangkap sosok makhluk halus. Makhluk halus yang sedang kepergok ini tergolong makhluk halus yang sedang apes, mereka terlihat oleh manusia tanpa sengaja sehingga bisa berakibat terkena hukuman dari penguasa mereka atau polisi mereka. Karena hantu juga ada polisinya

6. Hantu iseng

Di alam gaib juga banyak pengangguran, sehingga seringkali dijumpai hantu-hantu iseng yang kadangkala hanya sekedar ingin menakuti manusia. Jika manusia nya takut maka hantu nya akan tertawa terbahak-bahak. Hantu seperti ini disebut hantu kurang kerjaan.

Mitos hantu iseng ini juga terjadi dalam cerita rakyat Filipina yang disebut Hantu Kapre. Kapre adalah hantu berwujud sosok bertubuh tinggi besar dan suka bertengger di atas pohon sambil menghisap cerutu untuk menunggu orang lewat.

7. Tertangkap manusia

Terkadang makhluk halus tertangkap oleh manusia karena keusilannya, misalnya Tuyul, Babi Ngepet, atau makhluk halus lainnya yang suka mencuri. Namun terkadang juga manusia nya yang suka usil, yaitu menangkap hantu hanya sekedar untuk media percobaan atau dalam bahasa jawa disebut ngetes ilmu.

Tetapi makhluk halus yang paling sering diberitakan tertangkap oleh manusia adalah tuyul dan babi ngepet. Terkadang tuyul tertangkap tanpa sengaja karena terjebak oleh mainan anak-anak.

8. Hantu kesiangan

Terkadang ada makhluk halus yang terperangkap di alam manusia karena melanggar pantangan atau dalam bahasa jawa disebut kaminungsan, sehingga mereka tidak bisa kembali lagi ke alam gaib. Atau ada juga makhluk halus yang terperangkap oleh jebakan yang dibuat oleh manusia karena mereka sering mengganggu manusia, misalnya hantu Jerangkong (jrangkong).

Hantu jerangkong yang tertangkap akan berubah wujud menjadi jari-jari orang mati dan bisa dilihat oleh mata manusia.
Sedangkan makhluk halus lainnya yang kesiangan ini biasanya akan berubah wujud menjadi binatang siluman atau binatang aneh, misalnya gorila aneh, babi hutan aneh, ular aneh.

Terkadang para pelaku pesugihan yang merubah wujud menjadi siluman kemudian ia melanggar pantangan, maka tidak bisa kembali menjadi manusia. Misalnya pelaku babi ngepet yang kaminungsan sehingga ia selamanya tetap menjadi seekor hewan babi.

9. Hantu lapar

Pada zaman dulu, masyarakat jawa kuno percaya bahwa pada petang hari sering dijumpai hantu gentayangan yang sedang lapar. Kehadiran makhluk halus lapar ini biasanya terjadi pada petang hari dengan ditandai bau minyak wangi menyengat yang disertai lolongan anjing. Bahkan terkadang makhluk halus lapar ini menampakkan wujud dalam bentuk seorang pengemis tua yang membawa cobek (alat untuk membuat sambal) dengan maksud meminta makan.

Orang-orang jawa tempo dulu biasanya akan membakar dupa atau kemenyan untuk memberi makan makhluk halus yang sedang lapar agar mereka tidak mengganggu manusia dengan cara menebar penyakit. Konon makhluk halus dipercaya bisa menyebarkan wabah penyakit di suatu desa atau wilayah.

10. Hantu tumbal (penjaga)

Terkadang manusia memerintah makhluk halus untuk menjaga hartanya, misanya menjaga gedung, pabrik, perkebunan, tambak, dan lain sebagainya. Makhluk halus tersebut akan menampakkan diri dalam wujud seram kepada orang yang mencoba mencuri atau merusak harta milik majikannya.

Di kalaangan masyarakat jawa hantu seperti ini disebut tumbal atau makhluk halus penjaga tempat tertentu. Tumbal bukan hanya berarti korban pesugihan saja, tetapi makhluk halus penjaga tanah atau harta juga disebut sebagai tumbal.

Terkadang tumbal akan menampakkan diri kepada pencuri dengan wujud si pemilik harta tersebut, sehingga si pencuri batal malakukan niatnya karena terpergok oleh si pemilik harta.