KMCNews, Taliwang – Gempa berkekuatan 5,4 Skala Richter (SR)  kembali dirasakan di pulau Lombok, Sumbawa, Sumbawa Barat dan sekitarnya pada Selasa (7/8) malam sekitar pukul 20:50:55 WIB.

Laman resmi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan gempa tersebut berpusat di 26 KM Barat Laut Lombok Utara – NTB.

Keterangan dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), yang diterima KMC News melalui siaran persnya, Selasa (6/8) malam menyebutkan gempa susulan yang terjadi selama tiga detik tersebut sebagai dampak dari gempa berkekuatan 7,0 SR yang terjadi Minggu (5/8) malam. Warga pun dianjurkan untuk tak perlu khawatir.

“Mengenai gempa yang sekarang masih sering terjadi di lokasi yang sama, itu karena lempeng tektonik masih mencari ‘kestabilan‘,” tulis BMKG.

Gempa susulan pada periode transisi terjadi karena pelepasan energi gempa karena lempeng tektonik mencari keseimbangan sistem lempeng. Namun, gempa susulan tersebut tidak berlangsung dalam waktu panjang.

“Gempa susulan ini biasanya magnitudonya lebih kecil dari gempa utama. Biasanya juga jumlahnya akan menurun dengan waktu,” demikian BMKG.(K.ZSI)

Post ADS 1
Artikel sebelumyaWabup KSB Turut Berduka Atas Gempa Lombok
Artikel berikutnyaTertimbun 2 Hari Dalam Rumah, Perempuan Ini Diselamatkan Tim Tanggap Bencana AMNT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here