fbpx

Senator Cantik Asal Riau Peduli Pariwisata

KMCNews, Pekanbaru – Anggota DPD RI Intsiawati Ayus melakukan rapat konsultasi bersama dengan Kementerian Pariwisata. Rapat konsultasi yang digelar di kantor Sekretariat DPD RI Provinsi Riau ini membahas masalah peningkatan event Pariwisata di Provinsi Riau.

Dalam rapat konsultasi tersebut, senator asal Riau itu mengundang seluruh Kepala Dinas Pariwisata tiap Kabupaten/Kota se-Riau dan terutama Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau, Fahmizal Usman.

Masing-masing kepala dinas perwakilan kabupaten/kota, turut memaparkan hal apa saja yang menjadi kendala dalam upaya meningkatkan ajang promosi pariwisata andalan di daerah.

“Berbicara pariwisata dalam hal mengembangkan potensi juga menjadi tolak ukur kesuksesan. Bono di Pelalawan, Pacu Jalur dari Kuansing dan masih banyak lagi di Riau, jika promosi tidak gencar maka konsumsi potensi hanya sampai di tingkat lokal saja, dan sulit menyapa nusantara apalagi dunia,” kata Intsiawati.

Terkait infrastruktur utama, seperti akses jalan dan zona lokasi wisata, Intsiawati menginginkan berbagi peran antara Eksekutif dan Legislatif.

“Makanya saya jemput langsung para Kepala Bagian dari Deputi bidang pengembangan pemasaran pariwisata nusantara di Kementerian Pariwisata RI. Kita juga berdialog tentang tata kelola, bahkan untuk objek wisata yang belum familiar turut kita bahas di sini,” tambahnya.

Sejumlah kesimpulan berdasarkan kesepakatan antara DPD RI dan Kementerian Pariwisata RI bersama Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau dan Kabupaten/Kota lainnya telah ditandatangani.

Seperti mengelola bersama pariwisata di Riau secara keseluruhan, mendorong Kabupaten/Kota merancang ‘master plan’ dengan dukungan regulasi tiap daerah.

Lalu secara bersama juga merancang promosi bersama ‘calendar event’, mengusulkan program dan promosi melalui Dinas Pariwisata Provinsi Riau kepada Kementerian Pariwisata RI minimal 60 hari sebelum kegiatan dilaksanakan.

“Kita juga tadi membuat Group WhatsApp untuk berkomunikasi bersama. Yang anggotanya para Kadis Pariwisata Kabupaten/Kota dan Provinsi Riau. Ini salah satu bentuk pola komunikasi dan saling memberi informasi,” tandasnya. (Pkn/beritabuana.co/JNN)

%d bloggers like this: