KMCNews – Legenda sepakbola asal negeri kincir angina Belanda, Clarence Seedorf resmi menjadi mualaf.Keputusan pemain yang pernah perkuat Ajax, Inter, AC Milan dan Real Madrid menjadi pemeluk agama Islam itu disampaikannya melalui akun instagram.

“Ucapan terima kasih kepada semua yang telah memberikan pesan yang bagus untuk saya karena menjadi seorang muslim. Aku sangat gembira dan senang bergabung dengan semua saudara dan saudariku di seluruh dunia, secara khusus buat Sophia-ku tersayang yang sudah mengajariku tentang makna Islam dengan lebih mendalam,” tulis Clarence Seedorf di akun @clarenceseedorf.

Seedorf tidak merubah namanya meski telah memeluk agama Islam, alasannya karena namanya merupakan pemberian orang tuanya.

“Aku tidak mengubah namaku dan akan terus memakai nama pemberian orang tuaku, Clarence Seedorf! Aku mengirimkan kasih sayangku buat semua orang di dunia,” imbuhnya.

Wanita yang disebut telah mengajarkannya tentang Islam yakni Sophia, merupakan seorang muslimah sejak kecil, berasal dari Kanada dan berdarah Iran. Berkat pemilik nama lengkap Sophia Makramati itu, Seedorf akhirnya memeluk agama Islam.

Seedorf sendiri dikenal sebagai gelandang energik semasa bermain. Dia memiliki tendangan keras yang kerap membahayakan gawang lawan. Menurut catatan laman Wikipedia, Seedorf mengawali kariernya di tim senior dengan membela Ajax Amsterdam. Bersama tim top Belanda itu, Seedorf mengabdi selama tiga tahun dan mencatatkan 65 penampilan dengan 11 gol.

Seedorf kemudian memilih untuk berkarier di Italia dengan bergabung Sampdoria. Namun, karier Seedorf bersama Il Samp cuma bertahan semusim dengan catatan 32 penampilan dan tiga gol.

Gelandang berpaspor Belanda itu kemudian bergabung dengan Real Madrid. Bersama Los Blancos, Seedorf cukup diandalkan. Terbukti selama empat musim membela Madrid, Seedorf mencatatkan 121 penampilan dengan 15 gol.

Setelah berkiprah di Spanyol, Seedorf kembali ke Italia. Kali ini ia bergabung dengan Inter Milan. Selama tiga musim membela Inter, Seedorf punya catatan 92 penampilan dan 14 gol. Mengejutkannya, Seedorf kemudian pindah ke tim tetangga Inter, AC Milan.

Malah bersama Milan ini lah, karier Seedorf menanjak tajam. Total 10 tahun dia membela Rossonerri. Seedorf pun tercatat membuat 300 penampilan bersama Milan dengan koleksi 47 gol.

Pada musim 2012, Seedorf kemudian pindah ke klub Brasil Botafogo. Bersama tim ini, Seedorf membuat 72 penampilan dengan koleksi 23 gol. Setelah dua musim membela Botafogo, Seedorf memilih untuk gantung sepatu.

Seedorf juga tercatat pernah membela Timnas Belanda sejak 1994 hingga 2008. Bersama De Oranje, Seedorf membuat 87 penampilan dengan lesakkan 11 gol.

Pria yang kini berusia 45 tahun itu juga pernah menjadi pelatih. AC Milan menjadi tim pertama tang dilatih Seedorf pada 2014 lalu. Dia kemudian melatih Shenzhen (2016), Deportivo La Coruna (2018), dan Timnas Kamerun (2018-2019).(K3)

Post ADS 1
Artikel sebelumyaSMSI Pusat Desak Polisi Usut Kasus Penganiayaan Ketua SMSI Madina Terkait Pemberitaan
Artikel berikutnyaKetua Bidang Luar SMSI Pusat: Indonesia Punya Kesempatan Emas Wujudkan Perdamaian Rusia-Ukraina

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here