Sebulan Lagi Dipanen, Tanaman Warga Dilahap Hewan Berkeliaran

KMCNews – Banyaknya hewan ternak yang berkeliaran di area persawahan Desa Benete, Kecamatan Maluk, Kabupaten Sumbawa Barat membuat warga pemilik sawah mengeluhkan hal tersebut. Sejumlah hewan ternak seperti sapi dan kuda leluasa menggasak lahan pertanian milik warga. Akibatnya, tanaman warga setempat terancam gagal panen.

Alimuddin (30), salah seorang petani di desa tersebut mengeluhkan dengan kondisi tersebut. Menurutnya, para pemilik ternak harus menjaga hewan ternak agar tidak bebas berkeliaran.

“Tanaman jagung saya yang satu bulan lagi panen, kini rusak di makan dan di injak-injak oleh sapi dan juga kuda. Padahal suda kiri kanan sudah kita pagar,” keluhnya kepada wartawan KMCNews, sambil menujukan sisa jagung yang di makan oleh sapi.

Menurutnya, masalah tersebut haruslah menjadi perhatian khusus pemerintah desa setempat agar petani tidak resah “Ini menjadi perhatian khusus pemerintah jangan ada korban lain lagi” harapnya

Sementara itu, Abdurrahman (55) warga lain juga mengeluhkan hal yang sama. Menurutnya, banyak hewan ternak yang setiap hari bahkan malam hari berkeliaran, sangat mengancam keselamatan bagi sawah milik petani.

“Tanaman saya juga rusak akibat di injak-ijak oleh sapi, tiap malam saya dan rekan petani lainya jaga malam untuk meghindari sapi dan kuda” ujarnya.

Lanjutnya, hal tersebut seharusnya menjadi perhatian pemerintah dan dinas terkait untuk menghindari terjadinya korban, baik binatang ternak maupun pemilik tanaman.

“Bukan tanaman petani saja yang menjadi korban, akan tetapi salah satu penyebab korban kecelakaan dijalan raya akibat menabrak hewan (kambing) yang berkeliaran” ungkapnya.(K-If)