Sumbawa Barat – Hari pertama Rabu (21/9/22) pelaksanaan tes tulis (psikotest) melalui sistem komputerisasi, untuk rekrutmen tenaga kerja pembangunan smelter, ada sebanyak 88 peserta atau 22% dari jumlah 400 orang tidak ikut tes.

Jubir Tim Terpadu Rekrutmen Tenaga Kerja Pembangunan pabrik Smelter Sumbawa Barat, Benny Tanaya menyampaikan, hari pertama ini psikotes dibagi 5 sesi yang dilaksanakan di Gedung CAT BKPSDM Sumbawa Barat diikuti oleh 312 orang peserta atau sebanyak 78%, sementara sisanya tidak ikut.

” Peserta ditentukan secara abjad sesuai ketentuan yang telah ditetapkan oleh Panitia ataupun oleh Tim Terpadu,” ternag Benny Tanaya dalam siaran Pers yang disampaikan Rabu Sore (21/9/22).

Menurut Benny, Psikotest yang diselenggarakan dihari pertama tidak ada kendala dan kesulitan dirasakan peserta karena dalam proses seleksi psikotes itu pihaknya telah mempermudah sistem dan dipandu langsung oleh pihak ECC UGM dan Tim yang berpengalaman dari BKPSDM Sumbawa Barat selaku operator dan membimbing peserta dalam menggunakan perangkat komputer di ruang tes tersebut.

“Begitupula mekanisme ini akan kita terapkan di hari berikutnya untuk bisa menuntaskan seleksi Psikotes kepada sejumlah 2.027 peserta/pelamar yang telah dinyatakan lulus administrasi.” ujar Benny.

Lanjutnya, pelaksanaan psikotes ini diserahkan sepenuhnya kepada Tim ECC UGM untuk memastikan akurasi hasil dan kualitas seleksi yang terbuka serta bertanggungjawab. Setelah psikotes terlaksana selama enam hari kedepan yaitu tanggal 26 September 2022, pihaknya akan memutuskan melalui Pleno penetapan hasil seleksi Psikotes secara resmi 3 hari setelah keseluruhan tes tulis ini terlaksana.
Selanjutnya, menurut Benny Tim Terpadu rekrutmen akan masuk ke tahapan interview untuk memastikan jumlah kebutuhan tenaga kerja sebanyak 245 orang pada tahap pertama ini segera ditempatkan ke perusahaan.

Terhadap materi Psikotes Benny memberikan apresiasi kepadaTim ECC UGM yang telah mensederhanakan soal soalnya dimana soal tersebut disesuaikan dengan jenjang pendidikan masing-masing peserta sebagaimana yang telah dilampirkan dalam link SIPKanti,

Tim ECC UGM juga dikatakan Benny telah memandu dan membimbing peserta mengenal dengan baik perangkat yang digunakan dalam tes tersebut sehingga hari pertama psikotes mendapat respon dari peserta sangat bagus dan ini akan berlaku di hari berikutnya sampai psikotes ini berakhir.

“Kami bertanggungjwab keseluruhan tahapan pelaksanaan setiap prosedur rekrutmen ini secara terbuka, transparan dan akan memberi prioritas utama kepada putra dan putri Sumbawa Barat”.demikian tandas Benny Tanaya, Juru Bicara Tim Terpadu Rekrutmen Tenaga kerja Pembangunan pabrik Smelter Sumbawa Barat.(K1)

Post ADS 1
Artikel sebelumyaTak Ada Istilah Lawan Kotak Kosong Dalam Pilkades di KSB Mendatang
Artikel berikutnyaBisnis Kerjasama Walet Menguntungkan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here