oleh

Rapimda 2 FSLDK Nusa Tenggara, dari Deklarasi Anti Kejahatan Seksual Hingga Talk Show

Sumbawa Barat – Sebanyak 80 Mahasiswa Putra dan Putri mengikuti agenda Rapimda 2 (Rapat Pimpinan Daerah 2) Forum Silaturrahmi Lembaga Dakwah Kampus (FSLDK) yang berlangsung di Universitas Cordova, Taliwang Sumbawa Barat.

Mereka berasal dari LDK di sejumlah Perguruan Tinggi yang ada di Nusa Tenggara Barat l, diantaranya ada LDK Universitas Cordova sebagai tuan rumah kemudian LDK Undikma, LDK UNRAM, LDK UTS, LDK UNSA LDK Stiker Yarsi Mataram, Poltekes Kemenkes Mataram, LDK UTM, UIN Mataram dan LDK Bumigora.

Ketua Panitia Rapimda 2 FSLDK Ikhsan Surya menyampaikan, agenda Rapimda 2 akan berlangsung selama dua hari dari tanggal 13 sampai 14 Mei 2023 yang diisi dengan sejumlah kegiatan diantaranya, Talk Show, Deklarasi Anti Kejahatan Seksual di lingkungan pendidikan, sidang, Field Trip ke sejumlah destinasi wisata di Sumbawa Barat hingga gerakan sholat subuh berjamaah.

” Masing – masing LDK Perguruan Tinggi yang ada mengirim 8 peserta dan semua tiba di KSB sejak beberapa hari lalu,” terang Ikhsan Surya kepada KMC Media Group, Sabtu (13/5/23).

Kegiatan Rapimda 2 FSLDK Nusa Tenggara ini, dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Sumbawa Barat, Amar Nurmansyah, S.T.,M.Si.

Dalam kesempatan Ini Amar menyampaikan apresiasi kepada mahasiswa yang tergabung dalam LDK. Menurutnya Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat selalu mendukung agenda Mahasiswa terlebih kegiatan Mahasiswa Dakwah.

” Tantangan Dakwah di Lingkungan Kampus saat ini semakin berat di era modern, karena itu kami sangat apresiasi adik adik mahasiswa LDK, yang secara aktif terlibat dakwah dilingkungan kampus, kami Pemerintah KSB selalu mendukung kegiatan berkwalitas seperti ini,” katanya dalam sambutan pembukaan Rapimda 2 FSLDK Nusa Tenggara di Gedung Al Hamra Undova, Sabtu (13/5/23).

Amar kemudian mengucapkan selamat datang di Sumbawa Barat dan menikmati destinasi wisata yang ada, Amar berharap kenangan baik di Sumbawa Barat dapat disampaikan Mahasiswa LDK ke daerahnya masing-masing.

Seusai acara pembukaan, kegiatan Rapimda 2 FSLDK langsung diisi dengan kegiatan Talk Show mengangkat tema ” Optimalisasi Peran Generasi Muda Dalam Menjawab Tantangan Dakwah di Era Disrupsi” dengan menghadirkan tiga nara sumber yakni Dr.Lalu Mujahid Imaduddin, S.Hi,.M.Ag dan Lalu Mustakim Patawari LM, S.Tp.,M.Si dan Nurul Syaspri Akhdiyanti, S.P., M.P.

Sebagai pembicara pertama, Dr.Mujahid Imaduddin mengajak anak anak muda khususnya Mahasiswa LDK untuk berpikir galau, menurutnya galau yang dimaksud agar berpikir untuk ummat, dikatakannya sejarah mencatat ada banyak peradaban dunia yang dihasilkan oleh generasi muda Islam dalam menaklukkan dunia yang diawali dengan rasa galau untuk perubahan tatanan kehidupan masyarakat.

” Antum semua adalah Mahasiswa dan Pemuda Pilihan, semua mesti tuntas galau untuk diri sendiri dan setelah itu penting menanamkan rasa galau untuk ummat saat ini terutama dikalangan generasi muda,” katanya.

Ustat Mujahid juga mengajak generasi muda untuk mengisi waktu dengan hal hal yang bermanfaat dan generasi muda Islam menurutnya mesti berpikir apapun yang dilakukan mesti didasari dengan prinsip ketuhanan.

” Tantangan kehidupan kita saat ini semakin berat, pengaruh internal dan eksternal dalam kehidupan pemuda Islam semakin komplek karena itu penting bagi generasi muda manfaatkan waktu dan kesempatan sebaiknya, dan memperbanyak kajian kajian ilmu agar khasanah berpikir pemuda Islam dapat menjawab tantangan dan memberikan solusi terhadap berbagai persoalan keummatan saat ini,” ungkapnya.

Kegiatan Talk Show terus berlanjut, hingga berita ini diturunkan masih ada dua pemateri yang akan mengisi yakni
Nurul Syaspri Akhdiyanti, S.P., M.P dengan materi peran perempuan sebagai pilar peradaban bangsa dan Lalu Mustakim Patawari LM, S.Tp.,M.Si dengan materi meneguhkan kembali semangat Keislaman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Sedangkan pemateri pertama Dr.Lalu Mujahid Imaduddin, S.Hi,.M.Ag mengangkat tema Pemuda dalam sejarah peradaban Islam.(K1)

Video Deklarasi Anti Kejahatan Seksual di Lingkungan Pendidikan oleh FSLDK Nusa Tenggara, Pemkab KSB dan Rektor Undova berikut : 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

6 komentar

  1. Ping-balik: JAYWII vs LSM99