Pusat Gempa 6,4 SR Di Lombok, Warga KSB Panik Getaran Gempa

KMCNews,Taliwang – Guncangan gempa yang diketahui berpusat di 28 KM barat laut Lombok Timur, Minggu pagi (29/7) sekitar pukul 06.47 Wita, dirasakan cukup kuat hingga kota Taliwang dan sekitarnya.

Warga panik berhamburan keluar rumah sembari serentak berteriak gempa. Salah seorang warga Lingkungan Menala Kelurahan Menala , Kecamatan Taliwang, Mariam mengaku sangat kaget lantaran guncangan gempa demikian kuat. Sembari menggendong anak kecilnya, ia berlari menjauhi rumahnya, khawatir ada bangunan yang runtuh dan tertimpa benda keras.

” Semula goyangannya kecil, tetapi selang beberapa detik setelah itu guncangan kuat muncul sehingga memaksa saya dan keluarga serempak keluar rumah,” akunya.

Sementara itu, hasil analisis sementara Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan pusat gempa bumi tersebut berada pada koordinat 8,26 lintas selatan, dan 116,55 bujur timur.

” Gempa tidak berpotensi tsunami. Lokasi gempa terjadi di regional Sumbawa pada kedalaman 10 KM,” kata Kepala Stasiun Geofisika Mataram, Agus Riyanto, melalui pesan singkat yang diterima KMCNews.

Ia berharap kepada masyarakat untuk berhati-hati terhadap gempabumi susulan yang mungkin terjadi.

” Masyarakat juga diimbau untuk berada di luar rumah,” tandasnya.

Hingga berita ini diturunkan, gempa susulan beberapa kali terjadi dan dirasakan warga kota Mataram, ibu kota Provinsi NTB. Getaran gempa cukup besar dan relatif lama.

Namun sampai saat ini belum ada laporan mengenai adanya kerusakan akibat gempabumi berkekuatan 6,4 SR tersebut. (K.SZI)