Puluhan Pelaku Tambang Rakyat Tuntut Wilayah Konsesi

KMCNews – Puluhan pegiat tambang rakyat yang selama ini melakukan aktivitas tambang liar (Ilegal) di Sumbawa Barat mendatangi Kantor Bupati Sumbawa Barat, Senin (11/11/19).

Mereka menuntut wilayah tambang yang selama ini digarap agar bisa dilegalkan.

Perwakilan penambang, Dahlan menyampaikan aspirasinya meminta pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat mengeluarkan rekomendasi 200 hektar dari 7 titik koordinat wilayah tambang yang ada.

Menurut Dahlan, pihaknya sebelumnya telah mengusulkan ke Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat namun sejauh ini belum mendapat respon, justru menurutnya mengaku telah mendapat respon dari Pemerintah Provinsi sebagai pihak yang berwenang dalam masalah ijin pertambangan saat ini.

” Pemerintah Provinsi sudah siap membantu kami, tapi masalahnya tinggal menunggu rekomendasi titik koordinat yang kami minta dari Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat,” ketus Dahlan.

Sebelumnya Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat sendiri telah merespon harapan penambang rakyat, dengan mengeluarkan rekomendasi wilayah tambang rakyat di 6 titik, namun titik rekomendasi tersebut mendapat penolakan dari penambang karena dinilai kandungan emasnya minim.

Adapun 6 titik yang telah di rekomendasikan Pemerintah KSB saat ini yakni, Blok Belo Jereweh, Blok Moteng, Blok Lang Sabunga, Blok Seloto, Blok Lang Ilir dan Blok Tebo.

Pantauaan KMCNews, puluhan penambang rakyat datang dengan menggunakan kendaraan masing-masing, mereka dikawal ketat aparat Kepolisian Resort Sumbawa Barat, para demontran ini pun diterima Sekda KSB, H. Abdul Azis, S. H, M.M di depan Kantor Bupati.

Dihadapan Sekda, Dahlan dkk menyampaikan aspirasinya dan ngotot agar Penerintah KSB segera mengeluarkan rekomendasi 7 titik yang diharapkan yakni di tiga tempat yaitu, blok Lamunga, Lamuntet dan Tongo.

Menanggapi tuntutan tersebut, Sekda KSB tidak bisa memberikan keputusan dan berjanji akan melaporkan masalah ini ke Bupati Sumbawa Barat.

Setelah saling dengar dan berdialog, baik para penambang dan Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat yang diwakili Sekda dan sejumlah staf, akhirnya membubarkan diri.(K-1)

Tonton Videonya Disini :