Publikasi APBDes 2020, Camat Maluk Apreseasi Sikap Transparan Desa Bukit Damai

KMCNews – Seperti yang diamanatkan dalam undang undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, termasuk didalamnya transparasi Anggarara Pendapatan dan Belanja Desa (APDes) merupakan suatu keharusan pemerintah desa (Pemdes) sebagai bentuk tanggung jawab.

Menyikapi ini, Pemerintah Desa Bukit Damai, Kecamatan Maluk, Kabupaten Sumbawa Barat melakukannya dengan penuh kesadaran dan keseriusan , ini penting dalam memberikan informasi kepada masyarakat dengan cara memasang baliho serta publikasi APBDes tahun 2020 lewat media sosial.

Camat Maluk, Anugerah, menyampaikan sangat mengapresiasi tindakan pemerintah Desa Bukit Damai dalam publikasi APBDes murni 2020 sebagai bentuk tanggung jawab dalam mewujudkan pemerintah yang transparan.

“Saya sangat apreseasi publikasi yang dilakukan melalui penyampaian informasi spanduk anggaran dan publikasi lewat medsos karena memang itu yang dibutuhkan sama masyarakat agar warga tahu” ucap, Camat Maluk yang ditemui di Polsek Maluk, Sabtu malam (18/4).

Lanjut camat Maluk, meski begitu, ia juga mengajak agar masyarakat secara bersama-sama untuk mengawal penggunaan anggaran tersebut.

“Mari tinggal kita kawal dan dukung saja terkait pengguna anggaran tiap-tiap Desa” imbuhnya.

Sementara itu, Suwardi, Kades Bukit Damai menjelaskan, ada 5 bidang dalam APBDes murni tahun anggaran 2020 yaitu bidang penyenggaran pemerintah Desa dialokasikan 38,62%, bidang penyelaksanaan pembangunan Desa 39,39%, bidang pembinaan kemasyarakatan 10,39%, bidang pemberdayaan kemasyarakatan 11,11% dan bidang penanggulangan bencana, darurat dan mendesak Desa sebesar 0.50%.

“Alokasi anggarakan APBDes murni tahun ini, sebelumnya sudah melalui mekanisme dan sesuai hasil rapat bersama warga. Mari kita bersama membangun Desa kita” ajak, Suwardi, Kades yang baru menerima piala juara umum MTQ tingkat Kecamatan Maluk waktu lalu. (K-If)

BERIKUT APBDES 2020 DESA BUKIT DAMAI