oleh

Program Unggulan NTB Mall Mulai Viral, Ikhtiar Bela Beli Produk Lokal

Mataram, KMCNews – Program Unggulan Bela dan Beli Produk Lokal melalui NTB Mall yang diluncurkan Gubernur Dr. H. Zulkieflimansyah, SE.,M.Sc., pada HUT NTB lalu, kini mulai viral dan dikenal khalayak ramai.

Masyarakat mulai memperbincangkan NTB Mall karena banyak hal, mulai dari produk-produknya yang 100% lokal, program flash sale/ diskon yang rutin digelar, hingga kegiatan live music dan bazar setiap pekan.

Gaungnya NTB Mall sendiri tidak terlepas dari kolaborasi dan peran Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Pembantu (PPID) Dinas Perdagangan Provinsi NTB. Berbagai produk informasi terus konsisten dipublikasikan, baik melalui website, artikel dan berita, konten-konten media sosial maupun opsi lainnya turut berkontribusi mengedukasi masyarakat khususnya para pelaku UMKM tentang manfaat program ini.

Sekretaris Dinas Perdagangan (Disdag) Provinsi NTB, Baiq Nelly Yuniarti, AP, M.Si  menyampaikan bahwa PPID Disdag terus beriktiar mempromosikan keberadaan dan manfaat NTB Mall kepada masyarakat.

“NTB Mall harus terkenal, sehingga program ini terus kami publikasikan secara masif, kamipun menggenjot PPID terus bekerja maksimal,”kata Nelly sapaan akrab Sekdis Disdag Provinsi NTB, saat menerima silaturahim PPID Utama dalam rangka “PPID Goes To OPD”, di ruang kerjanya, Senin (22/2/2021).

Nelly menjelaskan, berbagai langkah ditempuh untuk mengenalkan NTB mall, baik aplikasi maupun offline store. “Setiap pekan kami adakan show yang dirangkai dengan acara live music sambil mengenalkan tentang NTB Mall dan produknya, kegiatan ini terbuka untuk umum . Diskon dan flash sale juga sering dilakukan di aplikasi.” jelas  wanita ramah ini.

Ditambahkanya, PPID Disdag juga rutin mempromosikan dan mengajak Para ASN Disdag maupun lingkup Pemrov. NTB agar rutin membagikan dan memperkenalkan market place lokal ini. Selain itu, Nelly mengakui kendala saat ini adalah tidak sedikit pelaku UMKM  yang belum memahami Teknologi Informasi Digital. Padahal pelaku UMKM memiliki peran sebagai agen publikasi yang dapat ikut mempublikasikan hasil karyanya di NTB Mall.

“Diantara sekian banyak pelaku UMKM, hanya sekitar seratusan orang yang mengerti tentang pemanfaatan IT sebagai media publikasi,” ucap alumni STPDN ini.

Nelly berharap agar kedepannya PPID utama dan OPD juga dapat berkolaborasi untuk mengedukasi para pelaku UMKM agar bisa “melek” digital. “Ini merupakan PR bersama, untuk memberikan pelatihan atau bimtek kepada meraka. Kami juga berharap Program Kampung Digital yang digagas Diskominfotik NTB bisa menjangkau mereka” harap Nelly.

Diakhir pernyataannya, Nelly mengajak masyarakat untuk bisa mengakses informasi yang akurat dan terpercaya di Website dinas Perdagangan yaitu https://disdag.ntbprov.go.id/ dan sosial media resmi Dinas Perdagangan.  PPID Disdag juga akan terus berkomitmen menyajikan informasi bermanfaat, khususnya tentang program – program unggulan NTB Gemilang. “Terimakasih PPID Utama dan Diskominfotik NTB, kunjungan ini menjadi semangat kami,” tutupnya.

Sebelumnya, Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik (IKP) Diskominfotik NTB, Iwan Sapta Taruna, SE menjelaskan bahwa ‘PPID Goes to OPD’ ini adalah ikhtiar bersama untuk terus menjaga sinergi dan upaya peningkatan pelayanan informasi publik lingkup Pemprov NTB.

“Alhamdulillah hari ini kita bisa bersilaturahmi dan mendengarkan langsung kendala-kendala yang dialami OPD dalam pelayanan informasi. Sehingga, kita bisa mencari solusi dalam peningkatan pelayanan informasi ke depannya, khususnya peran PPID dalam menggalakkan program unggulan dan strategis NTB juga agar NTB bisa terus menjadi Provinsi Informatif dari KI” Jelas Iwan yang juga merupakan Wakil Ketua PPID Utama ini.(*)

 

Komentar

Komentar Anda

Berita Lainnya