Presiden Jokowi Pesan Jutaan Obat ini, Bantu Pasien Positif Corona

KMCNews – Presiden Joko Widodo baru-baru ini mengatakan kalau pihaknya telah memesan jutaan obat yang berpotensi membantu penyembuhan pasien positif virus corona.

Meski hingga saat ini belum ada antivirus yang bisa menyembuhkan COVID-19. Obat itu adalah Avigan yang dipesan sebanyak 2 juta dan Chloroquin yang dipesan 3 juta.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19, Achmad Yurianto (Yuri).

Dalam konferensi pers Sabtu (21/3/2020) sore Yuri mengatakan bahwa pemerintah sudah mulai mendatangkan obat Avigan dan Chloroquin untuk digunakan di Indonesia.

Kedua obat itu secara pengalaman telah digunakan oleh negara-negara lain dan memberikan respons positif pada pasien virus corona.

Yuri lantas menambahkan, Chloroguin sendiri telah akrab digunakan tenaga medis di Indonesia untuk menyembuhkan malaria. Namun, ia menekankan bahwa obat ini digunakan untuk membantu penyembuhan COVID-19 dan bukan pencegahan, sehingga masyarakat tak perlu membeli dan menyimpan obat ini.

“Obat ini (Chloroquin) untuk penyembuhan, bukan untuk pencegahan. Tidak perlu menyimpan dan membeli Chloroquin,” ucapnya.

Ia juga menambahkan bahwa Chloroquin adalah obat keras sehingga penggunaannya harus melalui resep dan pengawasan dokter.

“Ingat, Chloroquin adalah obat keras yang hanya bisa dibeli oleh resep dokter dan pengawasan tenaga kesehatan, sehingga tidak perlu ramai-ramai membelinya. Kita harapkan tak ada persepsi yang salah,” kata Yuri.

Berikut Keterangan Lengkap Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19, Achmad Yurianto: