fbpx

Pokdarwis Alam Asri Jelenga diundang Kemenpar, Ini Kata Wabup KSB

KMCNews – Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Alam Asri Jelenga diundang oleh Kementerian Pariwisata menghadiri acara Malam Penganugerahan Penghargaan Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) Tahun 2019 pada 26 September 2019 yang bertempat di Hotel The Ritz Carlton, Jakarta.

Menerima undangan pada acara bergengsi Kementerian Pariwisata ini, Ketua Pokdarwis Alam Asri Jelenga optimis bahwa destinasi wisata yang dikelolanya akan menjadi salah satu pengelola destinasi yang akan memperoleh anugerah ISTA Tahun 2019 ini.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Bupati Sumbawa Barat Fud Syaifuddin, menanggapi positif prestasi yang diraih oleh Pokdarwis Alam Asri.

“Saya mengapresiasi daya upaya yang dilakukan Pokdarwis Alam Asri dan terus berbenah. Saya berharap dapat menjadi motivasi bagi Podarwis-Pkdarwis yang lain untuk dapat mengembangkan kiprahnya”, ungkap orang nomor dua di Kabupaten Sumbawa Barat ini.

“Saya ucapkan selamat kepada Pokdarwis Alam Asri. Mereka (Pokdarwis) betul-betul secara swadaya bisa berbuat untuk pariwisata, ini luar biasa. Semoga dapat menjadi semangat untuk terus berkembang membangun pariwisata secara bersama-sama, bergotong-royong membangun daerah” tambahnya.

Sementara itu, Ir Sumbawanto, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sumbawa Barat berharap agar setelah dianugerahi penghargaan, Pokdarwis Alam Asri dapat meningkatkan pengelolaan destinasi wisatanya secara berkelanjutan.

“Kita berharap semua pihak Pemerintah Daerah, PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT) yang selama ini banyak membantu dan pihak-pihak lain bisa terus bersepakat bagaimana membantu masyarakat dalam meningkatkan pengelolaan destinasi wisata Jelenga lebih lanjut”. Ujar Kepala Dinas.

“Bentuk dukungan bisa dalam kebijakan maupun anggaran yang fokus untuk membangun pariwisata Jelenga secara berkelanjutan. Semua pihak dapat menuingkatkan perhatiannya ke sana” pungkasnya.

Sebagaimana telah diumumkan di laman website Kementerian Pariwisata bahwa Kawasan Pantai Jelenga telah ditetapkan sebagai salah satu dari 37 nominasi yang akan memperoleh penghargaan ISTA (Indonesia Sustainable Tourism Award ) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata Republik Indonesia.

Pengumuman resmi nama-nama nominasi telah dikeluarkan oleh kementerian pada 27 Juni 2019 dan telah dilakukan visitasi pada 25 Juli 2019 lalu.

Sebagaimana dilansir laman online Kementerian Pariwisata bahwa ISTA merupakan penghargaan dari Kementerian Pariwisata untuk destinasi yang telah menerapkan sistem pariwisata berkelanjutan.

Ajang ISTA diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata untuk ketiga kalinya pada tahun ini dan terbuka untuk seluruh pengelola destinasi Pariwisata baik pengelola kawasan, agen travel, penyedia jasa, yayasan, maupun masyarakat lokal.

Kementerian Pariwisata menyatakan bahwa ISTA dilaksanakan bukan sebagai kompetisi untuk membandingkan antar destinasi/daya tarik wisatawan/bisnis pariwisata, akan tetapi untuk memotivasi destinasi lainnya agar dapat meningkatkan pengembangan pariwisata berkelanjutan.

Selain itu, ajang ISTA ini juga dibuat untuk membangun dan meningkatkan kesadaran masyarakat serta para pelaku pariwisata mengenai Kegiatan Pembangunan Pariwisata Berkelanjutan serta memberikan apresiasi kepada destinasi-destinasi yang telah menerapkan prinsip Pariwisata berkelanjutan.

Para Pemenang ISTA nantinya akan diumumkan pada malam penganugeragan yang berlangsung pada 26 September 2019 untuk memenangkan hadiah dengan total 1 Miliar dan akan diajukan pada ajang penghargaan serupa di tingkat ASEAN, yaitu ASEAN Sustainable Tourism Award (ASTA).

Pemberian penghargaan ini sejalan dengan rencana strategis pembangunan pariwisata nasional, regional dan global yang menjadikan pariwisata berkelanjutan sebagai dasar dan arahan pengembangan.

Pokdarwis “Alam Asri” berkonsorsium dengan Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) “Batu Layar” Jelenga, Pemerintah Desa Beru Kecamatan Jereweh Kabupaten Sumbawa Barat dan Lembaga Riset dan Pengembangan Desa (RIPED) megikuti ajang pemberian penghargaan tahunan Kementerian Pariwisata yang telah digelar sejak bulan Mei 2019 ini.(K-1)

%d bloggers like this: