Plus PKB 3 Parpol Sudah Serahkan Fisik SK ke F3, Gimana Peluang Calon lain ?

KMCNews – Jelang pendaftaran pasangan calon Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Sumbawa Barat 2020, yang dimulai tanggal 4 hingga 6 September mendatang, satu persatu Partai Politik secara resmi memberikan dukungan ke pasangan calon Petahana F3 (Musyafirin – Fud Syaifuddin).

Ketua Koalisi F3, Norvie Aperiansyani,ST.,MA mengatakan, sejauh ini baru 3 Partai Politik yang secara resmi menyerahkan fisik Surat Keputusan (SK) dukungan ke F3 yakni, PKS, PKPI dan hari ini, Selasa 30 Juni 2020 giliran PKB menyerahkan SK tersebut.

“ Khusus penyerahan SK PKB hari ini, diserahkan oleh Ketua DPW PKB NTB Lalu Hadrian Irfani, yang diterima langsung pasangan calon F3,”terang Norvie, kepada KMCNews, Selasa (30/6/2020).

Tidak hanya 3 parpol tadi, sejumlah Parpol lainnya menurut Norvie dalam waktu dekat juga akan segera menyerahkan fisik SK dukungan, diantaranya, PDIP, PPP, PAN, Gerindra dan Partai Golkar.

Lalu berapa mahar PKB sebagai kendaraan politik paslon Pilkada KSB,mengingat pasangan F3 bukan kader PKB, terkait hal ini Norvie mengaku tak tahu menahu.

“ Maaf saya ngga tahu ya,” pungkasnya singkat.

Sementara itu, Ketua DPC PKB KSB, Sudarli,S.Pd dihubungi KMCNews via Whatsapp Massanger, terkait dasar dan pertimbangan PKB menetapkan F3 sebagai pasangan calon yang akan diusung, hingga berita ini diturunkan belum menjawab, namun massanger media ini sudah terbaca.

Mencermati arah dukungan parpol seperti disebutkan diatas, maka nyaris sisa parpol yang ada sejauh ini dan memiliki kursi di DPRD KSB, yakni Partai Nasdem, PBB dan Partai Demokrat.

Khusus PBB dan Partai Demokrat kabarnya sudah koalisi dimana PBB mengusung kadernya KH. Syamsul Ismain dan Partai Demokrat mengusung kadernya Mustakim Patawari, yang kemudian kedua figure ini belakangan disebut sebagai paket pasangan Simpati, tetapi bagi pasangan Simpati koalisi dua partai yakni PBB dan Partai Demokrat belumlah cukup untuk tampil sebagai pasangan calon, butuh 1 partai dengan minimal 1 kursi sebagai syarat.

Akankah Partai Nasdem yang sejauh ini kabarnya masih survei akan jatuhkan pilihannya ke pasangan Simpati atau malah ke pasangan F3, jika Partai Nasdem pilih F3 maka hampir pasti calon petahana F3 ini akan lawan kotak kosong pada Pilkada mendatang, bahkan kabar yang diserap media ini, salah satu petinggi Partai Nasdem NTB memberi sinyal ke F3.

Namun demikian peluang tampilnya pasangan penantang dalam Pilkada KSB tidak menutup kemungkinan dan bisa saja terjadi, baik pasangan Simpati maupun figure seperti H. Andy Azisi Amin dan Drs.H.M Nur Yasin yang disebut-sebut juga akan tetap maju dengan pasangannya masing-masing, bisa tampil di Pilkada KSB.

Dinamika ini dengan melihat trend Pilkada KSB sebelumnya sangat dinamis, bahkan calon dan parpol deal di menit akhir pendaftaran, apalagi sejauh ini SK dukungan Parpol yang ada belum sepenuhnya keluar.Akankah ?.(K1)