350 Personil Polisi, Amankan PILKADES Serentak Hari Ini

KMCNews, Sumbawa Barat – Menghadapi Pilkades serentak 17 desa di Kabupaten Sumbawa Barat, Minggu ( 7/10) , Polres Sumbawa Barat terjuankan ratusan personelnya untuk pengamanan.

Kapolres Sumbawa Barat, AKBP Mustofa S. Ik., MH kepada KMCNews, Sabtu (6/10) mengatakan, dalam menghadapi Pilkades serentak di Kabupaten Sumbawa Barat yang akan digelar besok, pihak Polres akan menerjunkan sebanyak 350 personel kepolisian. Tiap TPS akan dijaga oleh dua personel. Selain itu, setiap Polsek disiagakan 15 sampai 20 personil. Sedangkan di Mapolres, sebanyak 250 pasukan ikut disiagakan. Ditambah lagi dengan pasukan dari brimob.

“Total pasukan yang disiapkan untuk Pilkades kurang lebih 350 personil,” ungkapnya.

Ia menambahkan, pesta demokrasi Pilkades serentak di tanah bumi Pariri Lema Bariri yang akan digelar di 18 desa itu merupakan kali kedua setelah pemberlakukan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2016 tentang Desa.

Selain menerjunkan anggota, Kapolres juga intens membangun komunikasi dengan berbagai pihak untuk mencegah terjadinya guna mencegah terjadinya konflik saat dan pasca-pelaksanaan pilkades serentak.

“Kami berharap pada tokoh agama,tokoh pemuda dan tokoh masyarakat untuk proaktif menjaga kondusifitas daerah yang selama ini zero horizontal konflik,” ungkapnya.

Begitu juga dengan para calon kepala desa yang bersaing dalam kontestasi canta politik itu. Mereka diminta untuk dapat menerima kenyataan menang dan kalah. Nah, apabila menemukan indikasi kecurangan atau kesalahan dalam proses, laporkan ke penegak hukum biar diusut tuntas hingga akarnya. Bukan dengan menggerakan konstituen atau pendukungnya melakukan aksi yang tidak terpuji.

Sementara itu, Kabid Pemerintahan Desa (Pemdes) Kabupaten Sumbawa Barat, Syaifullah S. STP mengatakan, bahwa semuanya sudah siap, tinggal pelaksanaan. Untuk pilkades serentak tahun ini, hanya Kecamatan Jereweh yang tidak ikut.

“Kami juga akan memantau perkembangan pemilihan. Baik data dan juga turun langsung,” demikian Syaifullah.(K D)