oleh

Permudah Layanan Publik, Kominfo KSB Konfirmasi Penggunaan Dua Aplikasi Digital

Sumbawa Barat – Tantangan jaman hadirnya perangkat digital diharapkan dapat mempermudah pelayanan publik dan aparatur yang ada, Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) menyampaikan sejumlah aplikasi siap digunakan dan segera akan dilakukan sosialisasi.

Salah satu aplikasi yakni, Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N-Lapor). Diharapkan dengan kehadiran aplikasi tersebut dapat memiliki dampak positif  diantaranya memudahkan pelayanan pengaduan masyarakat khususnya di wilayah Kabupaten Sumbawa Barat.

“ Diskominfo sebagai dinas leading sektor dalam mengelola aplikasi ini akan segera melakukan sosialisasi kepada masyarakat dan melakukan bimbingan teknis kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam mengelola dan mengoperasikan aplikasi tersebut, Sehingga aplikasi ini dapat segera digunakan oleh masyarakat dan OPD dapat segera merespon berbagai pengaduan dari masyarakat,” ungkap Kepala Diskominfo KSB, Drs. Burhanuddin melalui Kepala Bidang Komunikasi dan Informatika, Firman Dwiputra S.Sos, kepada wartawan Senin (3/5/2021).

Aplikasi SP4N-Lapor ini dijelaskan Firman, merupakan program yang digulirkan Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia sesuai dengan Surat Edaran (SE) dari Kemendagri RI No: 490/1921/SJ tahun 2020 Tentang percepatan penyelesaian pengelolaan pengaduan Pelayanan Publik Pemerintah Daerah, bertujuan mengelola pengaduan dari masyarakat, memberikan akses untuk partisipasi masyarakat, dan meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Selain aplikasi SP4N-Lapor, Diskominfo KSB menurut Firman juga tengah menyiapkan Aplikasi Administrasi Perkantoran Maya (Simaya) yang nantinya digunakan pada tiga Organisasi Perangkat Daerah (OPD), yaitu Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Inspektorat dan Sekretariat Daerah (Setda).

“ Kehadiran aplikasi tersebut memiliki dampak positif yaitu memudahkan dan mendukung management persuratan, tata kelola surat, memudahkan proses pencairan surat, pengarsipan, tertib administrasi, efiensi dan lebihnya meningkatan efektifitas dan produktifitas etos kerja, ujar Firman.

Sebelum memperkenalkan aplikasi tersebut ke OPD lain, Firman menegaskan pihaknya telah menggunakan aplikasi tersebut selama tiga bulan terakhir sebagai pilot project dan menurutnya hasilnya pun cukup memuaskan dan berjalan dengan baik.

“ Nah, hasil penggunaan dari aplikasi tersebut selama tiga bulan, terangnya lagi, telah di sounding ke OPD lain dan responnya antusias terhadap aplikasi itu. Mei mendatang, kami akan perkenalkan lebih dalam serta memberikan bimbingan tekhnis pada tiga OPD itu tentang bagaimana pengoprasian aplikasi ini,” ungkap Firman.

Aplikasi SIMAYA itu menurut Firman lagi, seharusnya telah digunakan tahun lalu, namun karena wabah Covid -19 pengaplikasinya pun ikut gagal.(*)

Kerjasama Penyebaran Informasi dengan Diskominfo KSB

Komentar

Komentar Anda

Berita Lainnya