Pemuda & Mahasiswa KSB Aksi Usung Simbol Keranda Jenazah

KMCNews – Puluhan Pemuda dan Mahasiswa Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) mengusung Keranda Jenazah sebagai Simbol matinya demokrasi di KSB.

Dalam aksi demontrasi yang berlangsung hari ini, Senin 24 Agustus dan dimulai dari Simpang Pos Polisi Kota Taliwang, Mahasiswa yang berasal dari organisasi Mahasiswa seperti Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Cordova, Himpmasbar KSB- Mataram, mahasiswa KSB Yogya dan sejumlah pemuda tersebut dikawal ketat aparat Kepolisian Resort Sumbawa Barat.

Aksi pemuda dan mahasiswa KSB ini sebagai bentuk protes keras terhadap kejadian demo sebelumnya di Graha Fitrah yang dilakukan oleh Gerakan Masyarakat Sumbawa Barat Mencari Keadilan (GMSBMK), dimana saat itu sejumlah oknum yang diduga sebagai preman melakukan tindakan pembubaran dan pengrusakan atribut massa aksi (megaphone) GMSBMK, hal ini kemudian dinilai merusak demokrasi dan bertentangan dengan UU No 9 tahun 1998 tentang menyampaikan pendapat dimuka umum.

sejumlah masyarakat menyaksikan aksi demo mahasiswa

Atas kejadian tersebut, sejumlah pemuda dan mahasiswa tadi dalam orasinya mendesak Kapolres Sumbawa Barat mengusut tuntas tindakan premanisme yang terjadi.

” Kami mendukung langkah Polisi mengusut masalah ini, namun jika Polisi tidak peduli kami minta Kapolres KSB dicopot dari jabatannya,” tandas salah satu Mahasiswa yang menjadi orator aksi.

Kemudian selain Polisi, mereka peserta aksi juga mendesak Pimpinan Daerah KSB sebagai penanggung jawab tertinggi daerah agar mengambil sikap untuk mencegah terjadinya konflik horizontal demi menjaga kondusifitas daerah.

Dan terakhir mereka meminta kepada DPRD KSB agar berkomitmen dan mengawal kasus ini.

” Legislatif hari ini mesti bertanggung jawab menjawab masalah- masalah rakyat serta selalu mengikuti kondisi kekinian daerah yang berdampak pada kehidupan sosial masyarakat,” tandas salah satu mahasiswa HMI yang menyampaikan orasinya.

Koordinator aksi Yudi Prayudi kepada media ini menegaskan, aksi yang akan dilakukan hari ini mulai dari simpang Polisi Kota menuju Kantor Bupati KSB dan berakhir di Kantor DPRD KSB.

Pantauan media ini di simpang Polisi Jalan Sudirman Taliwang, nampak puluhan Pemuda dan Mahasiswa ini silih berganti menyampaikan orasi, sebagian diantara mereka mengusung simbol keranda Jenazah dan sebagian lagi membentang spanduk dan poster berisi kecaman terhadap matinya demokrasi di KSB.

Hingga berita ini diturunkan peserta aksi kemudian beranjak dari titik star di simpang sudirman menuju simpang selex hingga ke tujuan awal yang telah ditentukan, sementara nampak Polisi berjaga – jaga dan mengawasi serta mengatur masyarakat pengguna jalan dengan tertib.(K-03)