Pelamar Waiting List, Protes Hasil Sehat Dengan Catatan

KMCNews – Tim bersama rekrutmen tenaga kerja PT Macmahon hari ini Senin (29/1), menepati janjinya mengumumkan secara resmi hasil Medichal Check Up (MC), bagi pelamar kategori waiting list.

Para pelamar waiting list ini mengambil hasil MCU tersebut di Dinas Tenana Kerja Kabupaten Sumbawa Barat, sejak dibuka tadi pagi para waiting list silih berganti berdatangan melihat hasil yang diterima masing-masing.

Hasil MCU tersebut yakni, dari jumlah 239 sebanyak 195 dinyatakan sehat, 38 orang sehat dengan catatan sedangkan sisanya 6 orang dinyatakan tidak sehat atau unfit.

Salah seorang pelamar waiting list, Ria Novitasari mengaku kecewa dengan hasil pengumuman tersebut, pelamar asal Maluk ini merasa tidak diperlakukan adil, karena sebagian peserta waiting list lainnya ada yang sudah mulai dipanggil melakukan kontrak kerja sedangkan hasil MCU baru keluar hari ini.

” Kita berasumsi akan diterima semua para waiting list karena nyatanya sebagian sudah ada yang dipanggil, sementara disisi lain hasil MCU baru diterima hari ini, kesannya kita dipermainkan,”keluhnya saat bincang dengan KMCNews di Disnaker KSB, Senin (9/1).

Kekecewaan Ria dan sejumlah rekannya berlanjut, manakala hasil pengumuman yang diterima dinyatakan sehat dengan catatan, dan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan selanjutnya untuk diterima dan tidaknya dalam proses rekrutmen, harus melakukan MCU lagi ke Rumah Sakit Kota Mataram dan satu satunya yang ditunjuk pihak RSUD Asyifa KSB tempat MCU pertama dilakukan.

” Inikan masalah kami ini rakyat kecil makanya cari kerja, sudah begitu disuruh MCU ulang ke Mataram lagi dengan biaya sendiri, itupun hasilnya belum jelas apakah kami dinyatakan fit atau tidak,ini beban lagi bagi kami yang telah lama menunggu kerja,” kesalnya lagi.

Sementara itu, anggota tim bersama rekrutmen tenaga kerja PT Macmahon, Taufik Hikmawan secara terpisah kepada KMCNews mengatakan, proses dan hasil MCU sepenuhnya diserahkan kepada pihak RS Asyifa, tim bersama rekrutmen hanya menerima hasilnya.

Mengenai sejumlah pelamar yang dinyatakan sehat dengan catatan, ia mengakui itu merupakan hasil MCU dan perlu ditindak lanjuti karena dalam pemeriksaan kesehatan ada 22 item yang diperiksa.

” Mungkin dari 22 item itu, salah satunya ada yang bermasalah di tulang, jantung dan paru paru atau bisa jadi dibagian lainnya, dan butuh dokter specialis yang ditunjuk di Mataram untuk menentukan hasilnya,” katanya.

Sedangkan menyinggung sejumlah pelamar waiting list yang sudah dipanggil, Taufik menyatakan yang dipanggil untuk proses tahapan selanjutnya itu karena mereka memang sudah dinyatakan fit.(K1)