PDIP dan PAN Satu Fraksi di DPRD KSB

KMCNews – PDIP Pemenang Pemilu di Kabupaten Sumbawa Barat, dengan raihan kursi terbanyak 5 kursi di DPRD KSB, memperkuat legitimasinya dengan membangun koalisi dengan PAN menjadi satu Fraksi.

Fraksi gabungan PDIP dan PAN ini beranggotakan 7 orang dipimpin Hasanuddin dari PDIP sebagai Ketua, kemudian Wakil Ketua Mohammad Hatta (PAN) dan Nurjannah (PDIP) sebagai Sekretaris.

Adapun Fraksi lainnya yang ditetapkan dalam sidang Paripurna yang berlangsung, Senin (26/8/19) dipimpin Ketua Sementara DPRD KSB Kaharuddin Umar, yakni Fraksi Nasdem Bintang Pembangunan Persatuan Indonesia, koalisi Partai Nasdem, PPP, PKPI dan PBB dengan jumlah 8 anggota dan di Ketuai oleh Masadi, SE ( Nasdem ), Amiruddin, SE ( PPP) Wakil Ketua dan Agusfian ( PBB) sebagai Sekretaris.

Kemudian Fraksi selanjutnya yakni, Fraksi Gerakan Demokrat Karya Bangsa beranggotakan 7 orang. Fraksi ini gabungan Partai Gerindra, Demokrat, Golkar dan PKB, diketuai Sudarli, S.Pd (PKB), Wakil Ketua, Abdul Haman ( Gerindra ) dan Ahmad, S.Ag ( Demokrat) sebagai sekretaris. Sementara satu fraksi lainnya yakni Fraksi dari PKS dengan raihan 3 kursi di DPRD KSB menjadi Fraksi utuh.

“Pembentukan dan penunjukan unsur kepengurusan fraksi di DPRD berdasarkan rekomendasi dari pimpinan masing-masing partai politik,” kata Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Sumbawa Barat, Agus Hadnan, S.Pd

Pembentukan fraksi ini menurut Agus Hadenan, sebagaimana amanat Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah.

Sedangkan untuk Alat Kelengkapan Dewan (AKD) lainnya, seperti Komisi, Banmus, Banggar menurut Agus Hadenan, masih belum bisa ditentukan karena terlebih dahulu harus ditetapkan Ketua DPRD definitif.

” Untuk penetapan Ketua Dewan Definitif terlebih dahulu ditetapkan Panitia Kerja (Panja) penyusunan Tata Tertib dan Kalender Kerja Dewan baru dijadwalkan dalam rapat Paripurna, ” terang Agus Hadenan.

Adapun tugas Ketua Dewan sementara menurut Agus Hadenan diantaranya, memimpin rapat-rapat, pembentukan Fraksi, menyusun Panja Tatib dan penetapan Ketua Definitif.

“Jadi perkiraan untuk penetapan Ketua Definitif sebulan lagi,” pungkas Agus Hadenan. (K-2)