Paskibraka KSB, Sukses Laksanakan Tugas

KMCNews, Sumbawa Barat – Sebanyak 34 siswa siswa SMA dan SMK se Sumbawa Barat yang menjadi anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka), dalam peringatan HUT Proklamasi Kemerdakaan RI ke-72 di Sumbawa Barat, sukses melaksanakan tugasnya dengan baik.

Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga KSB, Syamsul Hadi, S.Pd memberikan apresiasi khusus bagi anggota Paskibraka KSB, menurutnya mereka telah menjalankan tugas dengan sempurna, baik dalam upacara pagi maupun penurun bendera sore hari dalam HUT Kemerdekaan RI tahun ini.

Dijelaskan Syamsul Hadi, anggota Paskibraka KSB tahun 2017 dari jumlah 34, terdiri dari 12 anggota Putri dan 22 Putra, dalam bertugas mereka dibantu oleh personil TNI dan Polri, yang terdiri dari 2 anggota TNI dan 3 anggota Polri.

Anggota Paskibraka KSB, dikatakan Syamsul Hadi sebelumnya dipilih melalui seleksi yang dilaksanakan pihaknya Dikpora KSB, bersama PPI KSB dibantu TNI dan Polri, mereka yang terpilih memiliki syarat diantaranya memiliki ketinggian untuk Putri minimal 160 cm dan Putra 165 cm.Disamping itu syarat lainnya memilki sikap yang baik dan kemampuan berbaris.

“ Seleksi dilakukan di seluruh SMA/SMK yang ada,” katanya.

Setelah seleksi, mereka yang terpilih kemudian digambleng secara khusus mengikuti persiapan baik latihan maupun pembinaan dikelas sejak 4 Agustus lalu, untuk pembinaan dalam kelas anggota Paskibaraka tersebut diberi bekal dan pengetahuan tentang Agama, Kewarganegaraan, pilar – pilar bangsa dan tentang Paskibraka itu sendiri.

Adapun yang bertugas dalam pengibaran bendera tahun ini yakni, untuk upacara detik-detik Proklamasi pagi hari, pembawa baki adalah Septian Mulani Esa Putri siswa kelas XI SMA 1 Kecamatan Seteluk, kemudian tiga orang Putra yang bertugas membentang dan menarik bendera yakni, Gunawan Sugiharto asal SMA 1 Sekongkang, Muhammad Zulfikar SMK 1 Taliwang dan Setia Yovansyah siswa SMK Brang Ene.

Sedangkan yang bertugas di upacara penurunan bendera adalah Dea Marisa Rastapani, untuk pembawa baki, Dea adalah siswa kelas XI SMA 2 Taliwang, sementara petugas pengibar bendera yakni Khairul Rosikin asal SMA 2 Taliwang, Jaswandi SMA 1 Brang Rea dan M. Adrian SMA 1 Kecamatan Seteluk.

Salah seorang wali murid anggota Paskibraka KSB tahun 2017, Muhammad Sechu mengaku bangga anaknya dipilih sebagai salah satu anggota Paskibraka, menurut warga KSB asal Kecamatan Taliwang tersebut, dengan terpilih anaknya sebagai anggota Paskibraka diharapkan kelak anaknya dapat melanjutkan studi sesuai cita-citanya sebagai anggota TNI.

“ Saya sangat bangga melihat anak-anak dengan semangat dan disipilin yang diajarkan di Paskibraka ini, semoga mereka kedepan dapat mengejar apa yang menjadi cita-citanya dengan pengalaman yang dimiliki ini,”ungkap Sechu.(K1)

 

Beri Komentar Di Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *