fbpx

OPD Sambut Usulan Bappeda Terkait Facebook

KMCNews, – Bappeda dan Litbang Sumbawa Barat, belum lama ini mengusulkan agar sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Sumbawa Barat memiliki akun Media Social (Media Social) seperti Facebook.

Hal ini kemudian disambut baik sejumlah OPD yang ada, tak heran saat ini banyak muncul akun Facebook atas nama OPD yang ada diberanda sejumlah netizen, namun sejauh ini belum semuanya mengiyakan usulan tersebut.

Sekretaris Bappeda dan Litbang KSB, Mars Anugerainsyah, S. Hut, M. Si meyatakan, usulan pemanfaataan Media Social seperti Facebook, Instagram dan Twitter disampaikan Kepala Bappeda KSB belum lama ini.

” Tujuannya agar setiap isu yang berkembang di Medsos dapat dijawab dengan benar oleh OPD yg tepat, juga agar masyarakat menjadi dekat dengan OPD tersebut,” ujar Ren, sapaan akrab Sekban Bappeda dan Litbang KSB, kepada KMCNews.

Sekban Bappeda dan Litbang KSB, Mars Anugeraiwansyah, S. Hut, M. Si

Dikatakannya, Bupati saja mau membuka diri dengan masyarakat pada berbagai forum termasuk diadakannya forum yasinan, maka kepala OPD juga diharapkan demikian sehingga tidak ada kesan lebih eksklusif dan tertutup, minimal dengan memanfaatkan Facebook.

Pantauan KMC News sejauh ini, beberapa OPD sudah membuat akun Medsos seperti Facebook, khusus Facebook ini nampak umumnya OPD masih menggunakan Facebook Individu yang bersifat organik, namun sebagian ada juga OPD yang menggunakan Facebook bentuk Halaman namun masih memanfaatkannya secara organik.

OPD yang telah membuat Facebook ini, ada yang secara sadar memanfaatkan fungsinya jauh dari adanya usulan Bappeda seperti Humas Setda KSB, Dukcapil, RSUD Asy Syifa, Arpusda dan Dissos.

Sementara yang baru muncul sejak adanya usulan dan terpantau sejauh ini yakni, Bappeda dan Litbang, Kantor Camat Seteluk, dan BLK Poto Tano.

Diantara Facebook OPD tersebut, ada yang terupdate secara aktif dan konsisten namun sebagian juga ada yang terupdate di momen tertentu. (K-1)

%d bloggers like this: