Nazila Ratu Qirani, Juara Olimpiade Sains KSB

KMCNews – Prestasi membanggakan diukir Nazila Ratu Qirani, LM diajang Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Sekolah Dasar se Kabupaten Sumbawa Barat.

Putri dari anggota DPRD KSB, Mustakim Patawari LM, S. Tp, MM ini, berhasil menjadi yang terbaik untuk bidang studi IPA terintegrasi Madrah Ibtidaiyah.

Siswi yang saat ini terdaftar sebagai murid di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Sumbawa Barat tersebut, akan mewakili KSB diajang yang sama dintingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat pada tanggal 15 Agustus 2019 mendatang.

KSM ini digelar oleh Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama (Kemenag).

Kegiatan ini bertujuan meningkatkan mutu pendidikan sains di madrasah. Pelaksanaannya terbagi ke dalam tiga jenjang, yakni madrasah ibtidaiyah (MI) dan sederajat, madrasah tsanawiyah (MTs) dan sederajat, serta madrasah aliyah (MA) dan sederajat.

Adapun bidang studi yang dilombakan untuk jenjang MI adalah mata pelajaran Matematika dan IPA. Untuk jenjang MTs, melombakan bidang studi Matematika, IPA, dan IPS.

Seperti diketahui, pelaksanaan Lomba KSM untuk tingkat Kabupaten di Kabupaten Sumbawa Barat telah digelar pada tanggal 20 Juli 2019, dimana pada lomba tersebut bukan saja dari siswa/siswi dari Madrasah melainkan dari sekolah umum, seperti SD, SMP dan SMA yg ada di Kabupaten Sumbawa Barat.(K-2)