Musda Pemuda Muhammadiyah KSB, Usung Demokrasi Syar’i Tanpa Intervensi

KMCNews – Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Kabupaten Sumbawa Barat, dalam waktu dekat ini, akan menggelar Musyawarah Daerah (Musda) yang ke-III, yang akan dilaksanakan pada tanggal 20 sampai 21 Agustus 2020 mendatang. Kegiatan Musyda merupakan forum tertinggi organisasi Pemuda Muhammadiyah ditingkat Kabupaten dan Kota.

Selain itu, kegiatan ini memiliki posisi dan peran strategis bagi perjalanan organisasi dimasa mendatang, mengingat nantinya akan diputuskan pedoman dan juga program kerja serta pemilihan pimpinan organisasi yang baru.

Hal itu dikemukakan oleh, Ketua Panitia Pemilihan Musda PDPM Sumbawa Barat, Ryan Kiswanto, S.T saat dikonfirmasi media ini, Selasa, (11/08). Riyan juga mengatakan, bahwa selanjutnya juga akan dipilih formatur Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah untuk periode 2020 – 2023.

“Melalui Musyda ini juga, akan dipilih Ketua Umum dan Formatur melalui Mekanisme Musyawarah Mufakat sesuai dengan AD/ART Organisasi. Ketua Umum dan Formatur terpilih nantinya, diberikan mandat untuk menyusun kepengurusan, kemudian juga akan dibahas beberapa persoalan yang selama ini muncul di daerah yang hasilnya nanti akan dijadikan rekomendasi kepada Pemda Sumbawa Barat,” kata Ryan.

Sambung Ryan, Musda yang telah menjadi agenda rutin organisasi setiap 4 (empat) tahun sekali ini, juga diharapkan mampu menjadi sarana konsolidasi diantara kader dengan segala potensi yang dimilikinya, sehingga nantinya akan muncul ide dan gagasan baru yang mampu memperkuat peran dan kontribusi organisasi dalam berbagai bidang kehidupan.

“Tema pelaksanaan Musda kali ini adalah, Membumikan Gerakan Dakwah Islam, menuju Sumbawa Barat Fitrah. Tema ini diharapkan mampu memberikan motivasi dan spirit bagi seluruh kader Pemuda Muhammadiyah dalam memberikan peran dan kontribusinya bagi umat dan masyarakat, khususnya di KSB,” jelasnya.

Dilanjutkanya, melalui Musda ke-III Pemuda Muhammadiyah Sumbawa Barat ini, Riyan berharap, agar dapat menjadi pencerahan bagi seluruh kader Pemuda Muhammadiyah khususnya, dan Masyarakat Sumbawa Barat pada umumnya, tentang bagaimana penerapan semangat, dan nilai – nilai ajaran Islam didalam bermusyawarah yang Demokratis dan tanpa Intervensi.

“Semoga pelaksanaan Musda Pemuda Muhammadiyah ke-III ini, terlaksana dengan sukses, serta memberikan manfaat kepada seluruh lapisan masyarakat KSB,” ungkap Ryan Kiswanto.

Sementara itu, Steering Committee (SC) Musda, yang Juga Ketua Umum Pemuda Muhammadiyyah KSB periode sebelumnya, Abdul Majid, S.IP mengatakan, bahwa agenda dalam Musyda ini antara lain adalah penyampaian laporan pertanggungjawaban (LPJ) pengurus periode sebelumnya. Terhadap LPJ yang disampaikan akan dilakukan evaluasi untuk kepentingan perbaikan perjalanan organisasi kedepannya.

“Melalui Musda yang akan segera digelar beberapa hari lagi, barbagai wacana dan gagasan terkait gerak langkah organisasi akan dibahas dan selanjutnya akan diputuskan menjadi pedoman dalam menjalankan roda organisasi,” demikian Abdul Majid.(*)