Muhammad Nur Ikhtiar Untuk Petani & Nelayan

Wawancara Ekslusif dengan Muhammad Nur, SH ( Caleg DPRD KSB Partai PBB Dapil I Taliwang)

KMCNews, Taliwang – Pemilihan Umum Legislatif 2019, tahapan resminya segera dimulai, diawali dengan pendaftaran Calon Legislatif (Caleg).

Untuk Caleg DPRD Sumbawa Barat, sejumlah figur menyatakan diri siap tarung dalam kontalasi Politik lokal tersebut, guna bersaing mengisi Gedung Parlemen Tebet (Telaga Bertong).

Lalu apa motivasi dan tujuan mereka tampil menjadi wakil rakyat, edisi kali ini Media Kabar secara ekslusif mewawancarai salah satu dari ratusan figur yang bakal tarung tersebut, yakni Muhammad Nur, SH sosok pensiunan PNS asal Desa Seloto, caleg dari Partai Bulan Bintang untuk Daerah Pemilihan (Dapil) 1 Taliwang.

Berikut wawancara Muhammad Nur, SH dengan Media Kabar :

Media Kabar : Apakabar pak, sehat

M.Nur : Alhamdulillah sehat

Media Kabar : Gimana ini persiapan menghadapi Caleg 2019

M.Nur : Ya, Insya Allah semua mengalir saja tidak ada strategi khusus.

Media Kabar : Setelah pensiun kemarin, apa aktivitas bapak sehari hari.

M.Nur : Ya, kembali mengisi waktu berkecimpung di tengah masyarakat, sebagai nelayan di Danau Lebo, beternak dan bertani serta mengisi kegiatan kemasyarakatan.

Media Kabar : Apa yang mendorong bapak, untuk kembali maju sebagai Caleg di 2019.

M.Nur : Caleg inikan wakil rakyat ya, nah sebagai rakyat saat ini dan berada di tengah- tengah mereka rasanya merasa terpanggil untuk berbuat sesuatu yang lebih bermanfaat bagi banyak orang, ada banyak hal yang mestinya dapat kita lakukan ketika punya kesempatan duduk sebagai wakil rakyat.

Media Kabar : Contohnya pak.

M.Nur : Saya ini kan berasal dari Seloto dan menetap disini, kita tahu masyarakat seloto mayoritas sebagai petani, ada juga yang beternak dan jangan lupa disini juga ada lembaga pendidikan Pondok Pesantren, tentu persoalannya banyak dan Seloto sepatutnya memiliki wakil rakyat yang berada dan paham betul masalah di lingkungannya, termasuk persoalan infrastruktur akses jalan yang selama ini selalu menjadi masalah.

Media Kabar : Memang apa rencana bapak terhadap Seloto.

M.Nur : Ya seperti yang saya uraikan tadi, Seloto ini memiliki potensi besar disegala sektor sebenarnya, bagaimana kemudian sektor tersebut menjamin kesejahteraan masyarakat.Dan ini tentu perlu kita perjuangkan bersama sama dengan masyarakat, salah satunya melalui lembaga Legislatif.

Media Kabar : Bapak kan Calon DPRD KSB, wakil rakyat KSB mengapa bapak cenderung berpikir lebih kecil hanya untuk Seloto.

M.Nur : Saya kira sah sah saja setiap Caleg memikirkan lingkungan tempat tinggalnya, namanya juga wakil rakyat pasti yang pertama dipikirkan adalah lingkungan sekitarnya, sebagaimana Dewan yang sudah ada mereka pasti memberikan danpak positif dgn fungsinya di lingkungannya masing- masing, tapi lebih dari itu tentunya berpikir besar untuk kemajuan KSB secara umum dengan fungsi legislatif yang sesungguhnya.

Media Kabar : Lalu pentingkah dengan bapak harus maju sebagai Dewan.

M.Nur : ya sangat pentinglah, ibaratnya kita mau berperang harus punya senjata dan peluru, saat ini ibaratnya kita hanya memiliki salah satunya, atau dengan kata lain komitmen berbuat dibarengi dengan adanya kekuasaan tentu hasilnya lebih maksimal dengan keberadaan kita di tengah masyarakat. Ya jujur saja sebenarnya, kalau dipikir pikir untuk hidup pribadi saya merasa cukuplah, anak- anak sudah besar tinggal sekarang bagaimana mengisi sisa hidup lebih bermanfaat bagi banyak orang, ini sebenarnya tujuan hidup dan untuk itu kita mesti berjuang sama dengan masyarakat, semoga masyarakat berkenan sama sama berjuang nantinya, karena tidak mudah memperjuangkan aspirasi rakyat, apalagi untuk maju sebagai calon ini butuh biaya, energi dan juga harus siap lahir batin, tapi disisi lain, kita butuh wakil rakyat dan saya merasa terpanggil.

Media Kabar : Jika melihat usia, bapak ini sudah masuk usia pensiun, kita tahu dewan ini bekerja dengan mobikitas cukup tinggi, apakah bapak sanggup dan siap bekerja maksimal melayani rakyat.

M.Nur : Tentu sesuatu yang kita mau kerjakan harus bisa dijangkau dengan akal sehat, menurut saya usia bukan suatu halangan, banyak tokoh besar saat ini yang justru usianya sebaya dengan saya, relatiflah usia itu, apalagi di Dewan kan lembaga refresentasi rakyat, dan rakyat itu ada yang muda, setengah baya dan sudah berusia lanjut, sah sah saja wakil rakyat juga harus mewakili refresentasi rakyat se usianya, dapat dibayangkan kalau wakil rakyatnya semuanya muda, kalau pas lagi ada rapat terjadi debat dan pertarungan kebijakan didalamnya tensinya bisa panas kan, nah inilah fungsi kita sebagai orang tua menjadi penengah dan membawa ketenangan termasuk memberi nasehat dan masukan masukan penyeimbang, agar apa yang diperjuangkan dalam lembaga dewan itu tidak menjadi bias keluar ditengah masyarakat.

Media Kabar : Oh ya, bapak akan maju melalui Parpol PBB, apa alasannya.

M.Nur : PBB adalah Partai Islam yang berwawasan kebangsaan dan menjaga keutuhan NKRI, tentu sebagai ummat Islam memiliki semangat cinta damai sesuai nilai nilai Islam itu sendiri, termasuk dalam Politik nilai Islam harus bisa ditransfer ditengah kehidupan bermasyarakat.Selain itu PBB punya tokoh besar misalnya Prof Yusril, di KSB ada Kyai Zul mereka bekerja dan berbuat untuk kemaslahat ummat, ini sebaiknya contoh bagaimana pengabdian terhadap masyarakat.

Media Kabar : Apa pandangan bapak terhadap KSB Umumnya.

M.Nur : KSB adalah rumah besar kita bersama, dibangun terdiri dari berbagai Desa yang ada, menurut saya suksesnya KSB adalah akumulasi dari suksesnya Desa dibawahnya, kalau semua Desa maju secara otomatis KSB akan maju.Butuh komitmen untuk berbuat dan itu hadir dan mengakar jika kita memahami masalah ditengah tengah masyarakat.

Media Kabar : Terakhir, bagaimana komitmen Bapak jika terpilih nantinya.

M.Nur : Saya kira kita sudah banyak belajar dari pengalaman wakil rakyat yang sudah ada, apa yg baik baik kita tingkatkan dan cara yang tidak baik kita buang jauh- jauh, untuk apa jadi wakil rakyat kalau menimbulkan masalah bagi rakyat.Secara pribadi saya sudah komitmen dan pikirkan, jika punya kesempatan bagaimana memikirkan lingkungan saya, KSB umumnya dan tentu bagi pemilih dan mereka yang bersimpati mendorong saya, silaturrahmi harus terus dijaga termasuk mengawal dan mengolah aspirasi masyarakat sebaik mungkin, dengan skala prioritas sehingga roda perekonomian dan kehidupan masyarakat berjalan dengan baik.

Media Kabar : Terima kasih pak, selamat berjuang

M.Nur : Sama- sama, maju terus Media Kabar, semoga tetap eksis membantu mencerdeskan masyarakat.(KMCTim)