Milenial Berkarya Mengangkat Eksistensi Sumbawa Barat

Tak terhitung jari anak muda Sumbawa Barat yang menggali ilmu menyebrang ke luar pulau Sumbawa. Hampir semua pulau di Indonesia di duduki anak muda Sumbawa Barat demi satu visi mulia menuntut ilmu.

Apa yang kami cari dan apa yang akan kami bawa pulang adalah PR besar yang harus kami selesaikan. Dalam satu kesempatan, saya terlibat dalam acara Anti-Corruption Youth Camp 2017 yang diadakan oleh KPK. Acara tersebut diisi oleh 56 anak muda hebat dari seluruh nusantara.

Mereka adalah kumpulan anak muda kreatif di Indonesia yang mempunyai karya entah itu di bidang vlog, blog, podcast, komic strip, meme, ataupun poster. KPK mengumpulkan anak muda ini guna menggali pengalaman mereka, berbagi pengetahuan serta menyusun agenda perbaikan negara di sektor anti-korupsi. Hal yang saya kagumi di sini, mereka mengajak anak muda untuk memanfaatkan ruang digital sebagai sarana advokasi dan kampanye isu anti-korupsi.

Dari sinilah saya sadar bahwa anak muda bisa memanfaatkan karya digital mereka untuk mengampanyekan sesuatu. Lantas mengapa tidak kami lakukan juga di Sumbawa Barat? Kalau dicari anak muda yang pintar dan cerdas mungkin akan ditemukan banyak sekali, tapi anak muda yang ingin bergerak dan menggerakan masih amat langkah di Sumbawa barat, itulah yang memicu saya untuk menyediakan wadah bagi teman-teman pelajar di Sumbawa Barat agar bersama berkarya untuk mengangkat eksistensi Sumbawa barat. Inilah awal kelahiran komunitas Milenial Berkarya.

Lantas muncul pertanyaan, apa tujuan dari didirikannya komunitas ini? Bisa ditebak, tujuan dari komunitas ini adalah sebagai wadah yang menampung anak muda kreatif di Sumbawa Barat yang ingin berkarya. Saya ingin mereka mengangkat eksistensi Sumbawa Barat melalui karyanya. Diantara teman-teman pelajar yang bergabung di komunitas ini ada yang suka menulis blog.

Dulu, konten tulisannya adalah curhatan anak alay yang rasa-rasanya tidak terlalu penting, namun kini sudah mulai diisi dengan konten tentang wisata daerah Sumbawa Barat. Jika anak-anak muda ini menggunakan media digital mereka untuk menceritakan isu-isu di Sumbawa Barat, banyangkan apa yang akan terjadi, seluruh media internet akan banyak sekali ditemui berita-berita tentang Sumbawa Barat.

Jadi mereka yang ingin berkunjung ke Sumbawa Barat bisa menemukan banyak referensi di media internet sehingga eksistensi Sumbawa Barat tak akan diragukan lagi. Komunitas ini juga menjadi jejaring informasi bagi pelajar Sumbawa Barat karena kita tahu letak geografis Kota Sumbawa Barat yang jauh dari ibukota membuat pelajar Sumbawa Barat sering ketinggalan informasi-informasi penting.

Harapan kami semoga pemerintah Sumbawa Barat dapat mendukung keberadaan komunitas ini, Turut memfasilitasi dan Menampung semua kreatifitas anak muda Sumbawa Barat sehingga anak muda kaum milenial ini nantinya bisa memajukan Sumbawa Barat, NTB, Indonesia bahkan dunia.

Penulis :

Cicilia Rana Latifa (Mahasiswa KSB)

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam

UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta