Meski Jalanan Tak Terurus, Warga Lingkungan Motong Antusias Hadapi Lomba Kampung Sehat

KMCNews – Lomba Kampung Sehat yang diberi bandrol Nurut Tatanan Baru yang digelar serentak se Provinsi Nusa Tenggara Barat cukup membuat antusias warga di Sumbawa Barat.

Tak terkecuali di Lingkungan Motong, sebagai wakil Kelurahan Kuang Kecamatan Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat dalam lomba yang merupakan ide Kapolda NTB tersebut.

Berada di tengah Kota Taliwang sebagai Ibukota Sumbawa Barat, Lingkungan Motong dan segenap komponen didalamnya, kerap menjuarai lomba kebersihan baik ditingkat Kabupaten maupun Provinsi NTB.

Salah satu Sekolah Dasar yakni SDN XI Taliwang yang berada di tengah Lingkungan Motong misalnya, pernah menjadi Juara II Sekolah bersih dan sehat tingkat Provinsi NTB.

Begitu pula dengan RT.03 salah satu RT yang ada di Lingkungan Motong pernah menjadi jawara kebersihan tingkat Kabupaten sebelumnya, untuk keamanan seperti kegiatan Pos ronda, Lingkungan Motong yang diwakili RT 03 sebelumnya juga pernah menjadi juara KSB.

“ Ya benar itu, kita sudah sangat sering juara ketika ada lomba-lomba begini di KSB, meski ada kekurangan seperti jalan yang ada tak mendukung kami warga tetap antusias,”terang Aeb Syarifuddin, Ketua RT 03 Lingkungan Motong Kelurahan Kuang.

Untuk kegiatan keagamaan sejak program yasinan di RT masing-masing yang dicetus sebelumnya, menurut RT Aeb, rutin digelar termasuk pengajian setiap hari Rabu, sayangnya belakangan memang belum digalakkan kembali.

“ Bicara Partisipasi Warga Motong dalam mengikuti anjuran Pemerintah tak diragukan, semoga sebaliknya kedepan Lingkungan Motong lebih menjadi perhatian Pemerintah, apalagi kami berada di tengah-tengah KSB bias jadi cermin dan contoh,”tandas Aeb.

Lurah Kuang, Subhan, S.E mengakui dasar penetapan Lingkungan Motong mewakili Kelurahan Kuang karena memiliki sejarah dan prestasi cukup membanggakan sejauh ini.

“ Selain karena Kantor Kelurahan Kuang berada di Lingkungan Motong sebagai salah satu pertimbangan, memang Lingkungan Motong juga syarat prestasi selama ini dan warganya juga sangat kompak dan partisipatif,”ujar Subhan.

Terkait kondisi jalan sejumlah gang di Lingkungan Motong yang berlubang dan nyaris tak terurus dalam lima tahun terakhir, Subhan menyadari hal ini namun menurutnya sudah ada rencana perbaikan di tahun ini.

Masih terkait jalan ini, jika jalan mendukung menurut Oni salah satu pemuda Lingkungan Motong yang dikenal selama ini sebagai salah satu seniman muda bersama Herianto, dimana hasil karya mereka seperti lukisan-lukisan indah banyak menghiasi gedung sekolah di KSB, memiliki rencana untuk mempercantik dan memperindah.

“ Ya apa mau dikata, jalan tak mendukung kita tunda dulu, padahal kita mau lukis jalan seperti kita sedang berada di aliran sungai yang airnya bening, “ujarnya.

Sementara itu, menyinggung antusias dan partisipasi warga Lingkungan Motong menghadapi lomba kampung sehat saat ini, dalam sepekan terakhir dari pagi hingga bahkan larut malam nampak bersemangat.

Mulai dari anak-anak kecil hingga lansia, dari pria hingga kaum ibu tak kurang peran memperbaiki rumah pekarangan dan lingkungannya masing-masing, mulai dari menanam bunga hingga penyedian bak sampah yang di cat sendiri dan besar bak sampah dibuat disesuaikan  dengan volume sampah dirumahnya masing-masing.

Menghadapi Pandemi Covid-19 inipun warga lingkungan Motong sebelum ada lomba sudah menyiapkan tempat cuci tangan dengan sabun dengan wadah air yang bisa mengalir di setiap sudut gang, dan menghadapi lomba ini, warga membuat lagi secara khusus dengan bambu yang kemudian di cat warna merah dan dipasang di depan rumah mereka.

Untuk umbul-umbul serta pernak-pernik pendukung seperti lampu hias, bendera bendera kecil yang dililit dan dirangkai dibuat berkelompok diantara warga, ada yang membuatnya di atas panggung bahkan sampai larut malam oleh sejumlah ibu-ibu, di halaman rumah warga, tak terkecuali Kantor Redaksi KMCNews yang selama belasan tahun berada ditengah Lingkungan Motong menjadi tempat merangkai bendera kecil merah putih.

Sedangkan bagian anak muda remaja pria mengecat pagar dan sebagian harus rela memanjat untuk memasang rangkaian bendera kecil tadi, sementara remaja wanita atau anak gadis membuat hiasan bunga dan pernak pernik pendukung di pos-pos ronda.

“ Suasananya begitu terasa kompak dan bersemangat memang, saya salut disini warga Lingkungan Motong semoga jerih payah dan karyanya ada hasil dan juara, pasti juara,”ujar Juadi, salah satu pemuda KSB yang kerap bertandang ke Lingkungan Motong.

Selain kesiapan warga tadi menghadapi lomba ini, Pemerintah Kelurahan Kuang juga akan menginisiasi kegiatan Cuci tangan warga serempak pada Jum’at pagi besok (24/7/2020) di lapangan Tengah Dalam Motong dan pada sore hari akan diadakan senam sehat juga ditempat yang sama.(K-2)

Belanja Mudah & Nyaman Kebutuhan Harian Anda Klik Disini // Iklan