Merah Putih Sukses Berkibar di Langit Desa Seloto

KMCNews, Seloto – Dalam rangka peringatan detik-detik proklamasi 17 Agustus 1945 dimulai tepat pada pukul 7.30 Wita dilaksanakan upacara peringatan Hari Kemerdekaan RI ke 73, tanggal 17 Agustus 2018 di Desa Seloto, Kecamatan Taliwang, kabupaten Sumbawa Barat, pada hari jum,’at (17/08/2018) di Lapangan sepak bola seloto terlihat begitu meriah, selain dihadiri oleh tamu undangan tidak ketinggalan masyarakat umum banyak juga yang hadir menyaksikan pengibaran Bendera Merah Putih oleh Paskibraka.

Peserta upacara sebanyak ribuan orang yang terdiri dari barisan unsur pemerintah desa, Ketua BPD, para Ketua RT dan RW, Kader PKK, PNS Guru, Siswa Siswi tingkat TK, SD, SMP, SMA, serta masyarakat se – Desa Seloto.

Upacara Kemerdekaan RI ke – 73 Tahun tingkat Desa Seloto berlangsung khidmat, diawali dengan pengibaran Bendera Merah Putih oleh Pasukan Pengibar Bendera (Paskibraka).

Usai pengibaran bendera merah putih, dilanjutkan dengan mengheningkan cipta yang dipimpin oleh Kepala Desa Seloto, Lukmanul Hakim SP selaku inspektur upacara.

Kemudian acara dilanjutkan dengan pembacaan Naskah Teks Pancasila, Naskah Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, dan Naskah teks Proklamasi.

Upacara dilanjutkan dengan amanat dari inspektur upacara dan diakhiri dengan pembacaan doa, maka seluruh rangkaian acara resmi Upacara Bendera HUT Ke-73 tahun Kemerdekaan RI di desa seloto selesai.

Usai pelaksanaan upacara HUT RI ke -73, saat dikonfirmasi wartawan KMCNews Kepala Desa Seloto, Lukmanul Hakim SP mengatakan, “Peringatan HUT RI ke – 73 tahun ini memiliki arti penting bagi bangsa Indonesia, sebagai rasa cinta terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia. Rakyat Indonesia wajib memperingatinya sebagai wujud dalam mendo’akan jasa pahlawan yang telah gugur memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia, yang saat ini telah mencapai usia ke-73 tahun 2018”, ungkap kades Seloto.

Lukmanul Hakim SP menambahkan, “Saya sangat mengapresiasi dengan semangatnya masyarakat desa seloto beserta elemen lainnya. karena sudah melaksanakan hal yang sangat positif, dengan melakukan upacara HUT RI ini mereka sangat peduli dengan cinta Tanah Air dan rasa nasionalisme kepada bangsa, negara dan daerah. Sebab bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa dan mengenang para pahlawannya,” ujar Lukmanul Hakim.

Di tempat terpisahKepala Dusun Lenang Late, M. Tayup HJ mengatakan, masyarakat Desa seloto dan elemen – elemen lainnya, tetap merasa bagian dari NKRI. Makanya momentum HUT Proklamasi kemerdekaan RI tersebut tidak pernah dilewatkan oleh segenap masyarakat seloto.

Biarpun trik matahari menyengat hingga ke ubun-ubun, kami harus tetap semangat melaksanakan upacara bendera merah putih ini. Karena kalau kita mengingat perjuangan para pejuang – pejuang kita dulu untuk kemerdekaan RI ini, belum seberapa dengan perjuangan kita pada saat sekarang,” ujarnya.(KD)