Mensos Beri Jempol Masakan Tim TAGANA

KMCNews, Taliwang – Usai menyerahkan sejumlah paket bantuan secara simbolis kepada pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat, di Halaman Graha Fitrah KTC, Kamis siang (30/8), Menteri Sosial (Mensos) Agus Gumiwang Kartasasmita langsung bergerak mengunjungi korban bencana gempa di Desa Persiapan Lamunga Kecamatan Taliwang.

Namun, sebelum bergeser menuju Desa Persiapan tersebut, Mensos menyempatkan diri meninjau Dapur Umum dan menikmati menu makan siang yang dimasak tim Taruna Siaga Bencana (Tagana) Sumbawa Barat. Mensos tampak menikmati menu makan siang yang sehari-harinya disiapkan untuk para pengungsi.

” Masakannya boleh juga, enak. Ada tumis sayur, sambal tempe dicampur ikan teri,” ujar Mensos seraya mengancungkan jempolnya pertanda nikmat.

Menteri yang siang itu mengenakan kemeja putih dipadu celana panjang hitam dan berkacamata hitam tanpak gagah melangkah saat tiba di lapangan desa Persiapan Lamunga.

Dihadapan warga pengungsi, putra mantan Menteri Koordinator Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Industri Kabinet Reformasi Pembangunan (1998-1999) Ginandjar Kartasasmita itu, dalam sambutannya menyampaikan salam dan pesan dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

“Salam kesetiakawanan sosial dari bapak Presiden Joko Widodo. Saya membawa komitmen dari presiden yang secara tegas meminta agar program prioritas nasional yang menjadi tugas dan kewajiban Kementerian Sosial dikawal dengan sungguh-sungguh dan serius,” katanya disambut gemuruh tepuk tangan warga pengungsi.

Presiden berpesan agar dirinya selaku Menteri Sosial harus betul-betul turun ke lapangan guna mengecek bantuan yang sudah disiapkan itu sampai ke rakyat yang terdampak musibah.

“Jangan sampai ada rakyat Indonesia yang kena musibah tidak tertangani. Itulah pesan instruksi presiden kepada saya,”imbuhnya.

Dalam situasi bencana alam, pencairan bansos harus tetap dilaksanakan untuk meringankan beban ekonomi warga yang terdampak bencana. Para warga terdampak bahkan diingatkan tidak boleh berputus asa, harus selalu punya harapan.

” Bapak Ibu tidak sendiri, pemerintah akan terus berupaya untuk memenuhi kebutuhan dasar dan memberikan perlindungan sosial,” ujarnya.

Di Desa Persiapan Lamunga ini Mensos sempat melihat langsung kondisi rumah warga yang rusak berat akibat diguncang gempa untuk kemudian melanjutkan kunjungan ke Desa Meraran dan Desa Seteluk Kecamatan Seteluk (K.SZI/K D)