Kue Putu dan Si Penjual Cantik

KMCNews, Taliwang – Putu, jenis kue khas warga Sumbawa Barat yang serig dimakan menjadi santapan di pagi hari dipadukan dengan kopi.

Putu merupakan campuran dari tepung beras dan gula, baik itu gula merah maupun gula merah yang di dalamnya diisi dengan kelapa parut yang sudah dikukur dan dicampur sedikit gula pasir untuk menambah rasa manis.

Putu memang identik dengan rasa manis, oleh karena itu jangan heran saat menyantapnya akan geleng2 kepala karena paduan rasa enak dari beras ketan dan kelapa berpadu dengan rasa manis dari gula merah dan gula pasir.

Banyak orang yang tahu bentuk dan cara makannya, tapi hanya sebagian yang tahu cara buatnya. Kebanyakan yang telaten membuat putu khas Sumbawa Barat adalah ibu – ibu atau nenek – nenek yang sudah lanjut usia.

Kebanyakan gadis – gadis muda lebih memilih membeli makanan cepat saji daripada harus susah membuatnya sendiri. Tapi tidk demikian dengan dengan gadis ini. Susan, yang harus mengurungkan niatnya untuk menjadi TKW tahun ini, karena harus membantu terlebih dahulu keuangan keluarga.

Dia memilih untuk membuat dan berjualan putu setiap pagi demi menabung untuk biaya ibu nya yang sedang berbaring sakit. Selain cantik, anak ini cukup telaten dan humoris.

Tinggal di lingkungan KTC, Kota Taliwang,Kabupaten Sumbawa Barat tidak lantas membuatnya berputus asa untuk membatu keluarganya.

Putu yang dibuatnya juga tidak kalah enaknya dengan putu-putu yang lain. Bagaimana, tertarik membeli putu manis yang penjualnya juga manis dan cantik?. (K D)