KSB Siapkan Rumah Susun 40 Kamar untuk Isolasi Keluarga Pasien Covid-19

KMCNews – Untuk jaga-jaga menghadapi wabah Corona Virus Disease (Covid-19), Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat menyediakan rumah susun di Balisung Kelurahan Menala untuk Isolasi keluarga pasien.

Bupati Sumbawa Barat, Dr.H.W Musyafirin,M.M menyatakan, fasilitas rumah susun ini lengkap untuk menampung keluarga pasien Covid-19 selama isolasi.

Sejauh ini dikatakan Bupati, sudah ada warga yang diisolasi di Rumah Susun ini, mereka adalah keluarga Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berinisial IA (16.5 tahun) yang meninggal Minggu (5/4/2020).

“ Kondisi keluarga IA yang kini diisolasi dalam keadaan sehat dan normal mereka terus dipantau,”terang Bupati KSB dalam keterangan Pers, Minggu (5/4/2020) di Posko Pencegahan dan Penganan Covid-19 KSB Komplek KTC.

Mencuatnya satu kasus PDP Covid-19 warga KSB meninggal dunia, Bupati Sumbawa Barat mengingatkan Warga untuk tetap tenang dan jangan panik, Bupati KSB juga meminta warga agar jujur saat melakukan secrening atau pemeriksaan dan disiplin dalam menerapkan Physical Distancing, hindari keramaian , kurangi aktifitas di luar rumah, selalu cuci tangan pakai sabun dan air mengalir atau menggunakan hand sanitizer serta menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Saat ini menurut Bupati, belum ada kepastian apakah IA yang berstatus PDP itu positif atau tidak Covid-19, karena belum keluar hasil laboratorium.

 “ Jadi warga kami minta jangan berasumsi macam-macam, sudah dilakukan Swab terhadap IA dan belum keluar hasil laboratorium, ya semoga saja negatif kita tunggu saja hasilnya,” tandasnya.

Sementara itu Camat Taliwang, Aku Nur Rahmadin, S.Pd menyebutkan, pemindahan keluarga IA berlangsung sekitar pukul 15.00 wita siang tadi.

Camat Taliwang yang turut membantu proses pemindahan keluarga IA mengatakan, ada 7 anggota keluarga IA yang dibawah untuk diisolasi, dan semuanya selama ini berada satu rumah.Sedangkan rumah yang ditinggalkan dan lingkungan sekitarnya sudah dilakukan disinpektan.

“ Semua proses penanganan berjalan lancar mulai dari pemakaman, pemindahan keluarga pasien hingga disinpektan, semua dilakukan standar protokol,”demikian ujar Camat Taliwang, Aku Nur Rahmadin.(K-1)