fbpx

KKN Mahasiswa Undova Berakhir di Labuhan Lalar, Tinggalkan Kesan Haru

KMCNews – Selesai melaksanakan program kepada masyarakat Desa Labuan Lalar dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN) selama 40 hari, mahasiswa dari gabungan fakultas ekonomi, Ilmu pemerintahan dan tehnik, Universitas Cordova (Undova) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) resmi ditarik kembali ke kampus, rabu (18/9).

Baharuddin, koordinator kelompok mahasiswa KKN Desa Labuhan Lalar, menyampaikan bahwa KKN merupakan suatu program kampus dimana yang paling utama adalah pembentukan karakter dan mengimplentasikan ilmu yang selama ini didapatkan dikampus.

“Alhamdulillah, selama 40 hari kami berbaur dengan warga dalam melaksanakan 5 bidang program prioritas KKN, telah kami selesaikan dengan baik, dan lancar karena didukung oleh rasa nyaman dan aman dalam melaksanakan seluruh kegiatan di Desa Labuhan Lalar ini, ” ujar Baharuddin.

Bahar sapaan akrabnya mengharapkan, pasca KKN semua dapat mempertahankan suasana kebersamaan, yang rukun, aman agar desa labuahan lalar dapat berkembang lebih maju dimasa yg akan datang.

Program utama Mahasiswa KKN, diterangkan Bahar yaitu dibidang pemerintahan, kesehatan, keagamaan, sosial kemasyarakatan dan pemberdayaan dan bidang ekonomi.

“Berkaitan dengan program ini tentunya kami ingin berbuat lebih banyak lagi untuk kemajuan desa labuhan lalar yang kita cintai ini akan tetapi kami memiliki keterbatasan waktu karena kami harus kembali ke kampus” paparnya.

“Awal kedatangan kami dengan program KKN sangat disambut baik oleh pemerintah desa dan masyarakat. Kini kami merasa bangga, bahagia karena berpisah dengan suasana yang indah karena kami sudah mendapatkan pengalaman terbaik di desa Labuhan Lalar ini, semoga silaturrahmi tetap terjalin dimasa yang akan datang. Tidak luput juga kami mohon maaf atas kekurangan dalam berintetaksi” tambah Bahar, pencetus program LSP (Lihat Sampah Pungut) KSB tersebut.

Kepala Desa Labuhan Lalar M.Husni Thamrin, dalam sambutannya memberikan aplus dan menyampaikan apresiasinya, menurutnya Program yg dijalankan KKN Undova ini sangat luar biasa dan sudah sesuai dengan tujuan KKN dan juga sesuai dengan arahan pada saat penerimaan di Desa Labuhan Lalar, menurutnya juga perubahan-perubahan yang terjadi di desa Labuhan Lalar semenjak kedatangan mahasiswa KKN Undova dan produk hasil temuan gagasan mahasiswa Undova kedepan agar dapat diteruskan dan dikembangkan di Desa.

Lanjut Kades, perubahan perilaku warga tentang kebersihan lingkungan mengarah kepada kebaikan dan kemajuan yang tidak dibayangkan sebelumnya, dimulai dari dalam program KKN hingga pembangunan mental spiritual dan kepedulian terhadap lingkungan.

“Sebagai wakil masyarakat desa, kami mengucapkan banyak terima kasih atas perjuangan dan pengabdiannya terutama pemahaman perkembangan ekonomi di masyarakat. Semoga adik adik mahasiswa berkiprah dalam kesuksesan kedepan” harapnya.

Diakhir acara perpisahan Mahasiswa KKN beserta Pemerintah Desa, tokoh agama, tokoh pemuda dan warga Labuan Lalar saling memaafkan dengan isak haru.(K-If)

%d bloggers like this: