fbpx

Ketika Tangis Danpok Paskibraka KSB Pecah

KMCNews – Memiliki tubuh tegap dan tinggi, tidak membuat Fery Padli Komandan Kelompok (Danpok) Paskibraka Kabupaten Sumbawa Barat untuk tidak menangis, nampak para pembinanya dari Purna Paskibraka Indonesia (PPI) KSB turun tangan dan berusaha menenangkan sembari memberikan semangat.

Ya tangis Danpok Paskibraka KSB yang merupakan siswa asal SMKN 1 Brang Ene ini pecah, sesaat setelah ia memimpin rekannya Paskibraka KSB usai jalankan tugasnya, dalam mengibarkan bendera pada peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74, di depan Kantor Bupati KSB, Sabtu (17/8/19).

Fery menangis bukan tanpa alasan meski tidak terjadi kesalahan yang fatal, tangisan Fery inilah gambaran sejatinya pelajaran berharga bagi generasi muda terutama siswa terpilih anggota Paskibraka, betapa nampak ada rasa tanggung jawab yang besar dan disiplin dalam melaksanakan tugas.

Adapun kesalahan kecil yang membuat Fery menangis, karena salah instruksi yang keluar dari mulutnya sebagai Danko, pada saat Paskibraka hendak bergerak meninggalkan arena upacara.

“ Ya tadi kesalahan kecil hanya salah instruksi sekali, harusnya saat barisan pada posisi jalan ditempat Danko beri instruksi pada saat kaki sebelah kiri, namun instruksinya tadi pas saat kaki sebelah kanan, itu karena suara Danko serak saat instruksi yang benar tidak keluar, namun pasukan tidak menerima instruksi salah karena kita sudah ajarkan, kalau ada kesalahan instruksi terutama saat bergerak maka langkah ditambah sekali, sehingga barisan keseluruhan tidak terjadi kesalahan, ”jelas Baharuddin Ank, SH, MM pembina PPI kepada KMCNews.

Baharuddin Ank menilai, secara umum tidak terjadi kesalahan dalam tugas Paskibraka KSB kali ini, ia menilai kesalahan instruksi Danko merupakan hal biasa dan sudah diantisipasi sehingga tidak terjadi kesalahan fatal, suara serak Danko menurutnya hal yang wajar karena setiap hari Paskibraka ini berlatih.

Anggota Paskibraka KSB 2019 secara keseluruhan berjumlah 44 orang yang merupakan siswa yang terpilih dari berbagai SLTA yang ada, dari jumlah tersebut 27 anggota putra dan 17 putri.

Bertugas sebagai pembawa baki dipercayakan kepada Dwi Mulyaningsih dari SMAN 1 Seteluk, kemudian pembentang bendera oleh I Gede Agus Aldi Saputra dari SMAN 1 Poto Tano, sedangkan pengibar bendera masing-masing oleh Rahmad Hidayat dari SMAN 1 Brang Rea dan Arya Syah Putra dari SMAN 1 Jereweh.

Adapun Komandan Pasukan (Danpas) Ipda Irfan Surahman (Polri), Komandan Kelompok Fery Padli dari SMKN 1 Brang Ene, sedangkan pengawal Paskibaraka yakni 4 orang, masing-masing 2 dari unsur Kepolisian dan 2 dari TNI, yakni Bripda Ari Swari Ramdani, Bripda Wirman Hidayat (Polisi), dan Serda Firmansyah, Serda Syahrul (TNI).

Pelaksanaan Apel Upacara

Sementara itu, pantauan media ini apel peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-74 di KSB ini berlangsung khidmat, peserta Apel terdiri dari berbagai unsur selain Forkopimda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah), anggota DPRD KSB, perangkat daerah lainnya, Kepolisian, prajurit TNI, pelajar dan mahasiswa juga hadir tokoh-tokoh masyarakat dan tokoh agama.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Bupati Sumbawa Barat, Dr.H.W Musyafirin, MM dan pembacaan teks Proklamasi oleh Ketua DPRD KSB, M.Nasir,ST,MM.

Hanya saja sedikit masalah dalam apel ini, pada saat penekanan sirine oleh Bupati KSB sebagai pertanda peringatan detik-detik Proklamasi berlangsung, suara sirine sedikit terlambat keluar, sehingga memaksa H. Abdul Malik, S.Sos Assisten 1 Setda KSB turun membantu perbaiki alat sirine yang diinjak dengan kaki kanan oleh Bupati KSB, dan suara sound tidak stabil kedengarannya saat sirine menggema.

Namun demikian secara keseluruhan pelaksanaan Apel berlangsung sukses dan lancar, termasuk pada momen penting saat pengibaran bendera oleh Paskibraka KSB nampak lancar, dan Paskibraka kelihatan kompak dalam barisan, gerakannya secara keseluruhan pun sempurna.

Seusai Apel upacara berlangsung, Bupati, Wakil Bupati masing-masing bersama istri dan unsur Forkopimda lainnya seperti Kapolres, Dandim, Ketua DPRD dan Kejari KSB melakukan foto bersama sejumlah peserta upacara. (K-1)

%d bloggers like this: