Ketaqwaan Senjata Ampuh Hindari Musibah

KMCNews, Taliwang – Sesuatu yang akan dan belum terjadi adalah milik Allah, tidak ada satupun makhluk di dunia ini yang mengetahui kapan dan dimana dia akan mati, termasuk musibah gempa ini. Hal itu dikatakan Wakil Bupati Sumbawa Barat, Fud Syaifuddin, ST pada kegiatan acara peningkatan iman dan taqwa (Imtaq) yang digelar SDN Tamekan Jumat, (31/08).

Orang bertaqwa adalah pribadi yang pandai bersyukur atas segala rahmat dan nikmat Allah sekaligus sabar manakala memperoleh ujian, musibah dan hal-hal yang tidak menyenangkan dalam hidup.
Untuk itu Wabup mengajak para guru, siswa dan orang tua agar tak henti-hentinya meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT.

‘’Menggalakkan infak/sodaqoh, menggalakkan sholat berjamaah di masjid-masjid dan selalu beristigfar memohon ampun kepada Allah, adalah cara meningkatkan ketakwaan agar kita dihindarkan dari musibah,” ujarnya.

Kegiatan Imtaq ini diawali dengan membaca Surat Yasin secara bersama-bersama. Turut juga hadir
Asisten I Setda KSB, Drs Mukhlis, M.Si, Kadispora KSB, Drs. Tajuddin, M.Si dan Kabag Kesra Setda KSB Amiruddin, S.T., M.T.

Menurut Wabup, guru merupakan faktor utama dalam meningkatkan dunia pendidikan. Guru juga sebagai orang tua yang akan dicontoh oleh siswa-siswinya. Oleh karena itu, diperlukan guru yang berkualitas dan profesional dalam mendidik ilmu pengetahuan untuk membangun karakter positif yang sesuai dengan kepribadian masing-masing.

” Para guru harus memahami kurangnya pengawasan yang terjadi akan membuat sulitnya memajukan pendidikan, seperti bagaimana nilai tata tertib yang berlaku di sekolah dan kesadaran diri sendiri. Seperti contoh kebanyakan anak sekarang lebih suka bermain daripada mengingat kesadaran mereka sebagai pelajar untuk belajar,” cetusnya.

Peranan Guru tambah Wabup tidak hanya bertanggung jawab mendidik muridnya menjadi pintar, tetapi yang paling penting bagaimana agar anak-anak generasi penerus KSB menjadi insan yang bertakwa. Apalagi pendidikan Nasional saat ini menginginkan pengembangan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab.

” Para orang tua juga harus berperan aktif mendidik anaknya. Selain memberikan fasilitas dan memberikan perhatian, Do’a orang tua juga begitu ampuh sebagai penerang jalan anak menjadi orang yang sukses,” urainya.

” Pun begitu, anak-anak juga harus taat kepada orang tua. Anak-anak harus ingat kesuksesan itu karena ridho Allah dan juga karena D’oa orang tua,”demikan tandas Wabup. (ADVERTORIAL HUMA KSB)