Sumbawa Barat – Lulusan Balai Latihan Kerja (BLK) Sumbawa Batrat diminta agar dapat dioptimalkan dalam penyerapan tenaga kerja pembangunan smelter kedepan.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi KSB, H.Muslimin mengatakan Sumber Daya yang ada dari alumni BLK cukup mumpuni untuk mengisi kesempatan kerja dalam proses pembanunan smelter.

“Mereka adalah tenaga kerja lokal yang siap kerja,”imbuh H.Muslimin kepada media belum lama ini.

Dikatakan H.Muslimin, pihaknya saat itu pernah berkunjung ke pabrik Smelter di Gresik, Jawa Timur mempelajari gambaran tenaga skill yang dibutuhkan oleh usaha Smelter. Sehingga, tenaga-tenaga yang akan dibutuhkan BLK lah yang menyiapkannya. Artinya, secara paralel semuanya berjalan. Sambil menunggu pabrik jadi, BLK menyiapkan tenaga melalui pelatihan.

“Ketika recruitment nanti, kami meminta management memprioritaskan mereka alumni BLK,” ungkapnya.

Ia menambahkan, untuk mendukung penguatan skill menghadapi persaingan dunia kerja, pihaknya saat itu sudah mendatangkan trainer.

“Ini merupakan upaya untuk mengangkat marwah dan memaksimalkan konsep pelatihan dengan basis kompetensi di UPTD,” ujarnya.

Sebelumnya Muslimin mengatakan, Disnaker KSB intens membangun komunikasi dengan pihak perusahaan agar BLK Poto Tano dioptimal sebagai pintu suplayer tenaga kerja terlebih jebolannya diangkat menjadi bagian dari perusahaan, dalam rekrutan tenaga kerja mitra PT AMNT secara besar-besaran di tahun 2017 lalu yang mencapai ribuan orang putra-putri lokal Daerah dengan latar belakang jenjang pendidikan dan pengalaman kerja yang berbeda,  tidak banyak dari mereka yang pernah mengenyam pendidikan dan pelatihan di Balai Latihan Kerja (BLK) Poto Tano, Sumbawa Barat.(*)

 

 

Baca Juga :  Tinjau PTM di SD-SMP Satap Mataiyang, Wabup : Disiplin Belajar dan Terapkan Protap Kesehatan
Post ADS 1
Artikel sebelumyaIklan HUT NTB Tahun 2021 – Disnakertrans KSB
Artikel berikutnyaIklan Selamat Kepada Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat Terbaik 1 Asia Pacifik OGP Local Innovation Award – Disnakertrans KSB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here