fbpx

Kapolres KSB Warning Keras Anggotanya Terlibat PETI

KMCNews, – Kapolres Sumbawa Barat, AKBP Mustofa, S.IK, MH memberikan peringatan keras bagi anggota Polres Sumbawa Barat yang terlibat dalam segala bentuk aktivitas Penambangan Emas Tanpa Ijin (PETI).

” Jika ada anggota saya memiliki gelondong, sumbang dana atau terlibat PETI, tolong dilaporkan jika terbukti maka kita akan pecat, saya sudah lapor dan koordinasikan hal ini dengan Pak Kapolda NTB dan beliau sangat mendukung untuk mengambil tindakan tegas, ” tandas Kapolres dihadapan ratusan warga KSB di Forum Yasinan Central Bupati KSB, Kamis (16/8/19).

Pernyataan keras Kapolres KSB kali ini mengingat aktivitas tambang dirasakan sudah sangat memprihatinkan.

Menurutnya, dari hasil penertiban di Kecamatan Sekongkang beberapa waktu lalu ditemukan fakta bahwa aktivitas PETI tidak memberi manfaat bagi warga KSB sekitarnya, apalagi pemilik mesin gelondong sebagian besar berasal dari luar KSB.

Sementara dampak kesehatan dari aktivitas PETI menurut Kapolres, sudah sangat mengkhawatirkan dimana berdasarkan hasil uji laboratorium, PETI menggunakan mercuri tersebut mengakibatkan kerusakan lingkungan seperti air yang sudah tercemar dan berada diambang batas.

Kondisi ini tak heran dikatakan Kapolres lagi sudah banyak anak-anak KSB yang lahir dengan cacat fisik maupun gangguan mental.

Disisi lain dalam kesempatan ini, Kapolres juga menyingung para pemangku kebijakan yang ada di KSB, untuk segera memperhatikan pekerjaan atau solusi lain bagi masyarakat yang saat masih terlibat PETI. (K1)

%d bloggers like this: