fbpx

Kadis Kelautan & Perikanan NTB, Puji Lomba Memasak Serba Ikan di Pantai Balad KSB

KMCNews – Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Nusa Tenggara Barat, Ir. Lalu Hamdi, memuji pelaksanaan lomba memasak serba ikan tingkat Provinsi NTB, yang berlangsung Minggu (29/9/19) di Kabupaten Sumbawa Barat.

Menurutnya, pelaksanaan kegiatan di lokasi favorit tempat wisata seperti di Pantai Labuhan Balad Taliwang sukses dengan ramainya pengunjung, hal ini dapat melipat gandakan dampaknya.

Dijelaskan Lalu Hamdi, dengan bersinergi dengan sektor lain dapat mempercepat kesadaran masyarakat untuk mengkonsumsi ikan.

Gerakan meningkatkan konsumsi ikan khususnya di NTB menjadi penting, dikatakan Lalu Hamdi, terlebih sekarang ini isu di Provinsi NTB yakni kasus stunting, dimana lebih dari 30 perses anak-anak terkena stunting.

“ Jadi dari referensi banyak teori yang menyebutkan bahwa ikan mengandung gizi yang sangat dibutuhkan mulai dari proteinnya, mineral, omega 3 itu semua untuk mendukung menciptakan kesehatan dan kecerdasan bagi anak,” jelasnya, kepada KMCNews.

Berdasarkan tingkat konsumsi ikan di NTB saat ini, menurut Lalu Hamdi sebesar 38.2 kg perkapita, namun berdasarkan hitungan FAO memang lebih tinggi yakni menatapkan 30 kg perkapita, akan tetapi semakin tinggi konsumsi ikan semakin bagus.

“ Secara Nasional 50.2 Kg perkapita, inipun masih jauh lebih rendah dari negara tetanga Malaysia sudah 70 Kg, Singapura 80 Kg, Jepang 100 kg perkapita,” terang Lalu Hamdi.

Ketika ditanya, adakah pengaruh rendahnya tingkat konsumsi ikan masyarakat NTB dengan jumlah ikan yang tersedia di perairan NTB, menurut Lalu Hamdi gerakan makan ini dilakukan dengan membangun strategi dengan menyiapkan sumber daya ikan bahan bakunya, mulai dari menebar ikan di perairan umum, tidak kurang dari 2 juta ekor setiap tahun ditebar di Sungai, waduk, embung, dam dan sebagainya sudah dilakukan, kemudian juga meningkatkan produksi perikanan, budidaya, produksi perikanan penangkapan ikan dengan menambah jumlah armada bagi nelayan.

“ Semua ini dalam rangka meningkatkan produksi untuk kita gerakkan tingkat konsumsi ikan lebih tinggi, gerakan ini kita jadikan kaum ibu sebagai motornya, karena sebetulnya yang kita inginkan dalam gerakan ini adalah membudayakan makan ikan, jadi ibu-ibu yang bisa membudayakan makan ikan, karena itu digelar berbagai kegiatan seperti mengajak ibu lomba masak ikan dan kegiatan expo lainnya,” tambah Lalu Hamdi.

Pantauan KMC di lokasi wisata Pantai Balad Taliwang, nampak dipadati ribuan pengunjung dari berbagai pelosok dan tamu dari Kabupaten/Kota lainnya di NTB.

Tak hanya Kadis Kelautan dan Perikanan NTB yang memberikan pujian dalam pelaksanaan lomba memasak serba ikan di KSB tersebut, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Dompu, Ir Wahidin, M.Si juga menyampaikan hal yang sama, menurutnya KSB menggelar kegiatan ini cukup sukses dan sangat ramai, Dompu menurut Wahidin sebelumnya adalah tuan rumah atau pemenang lomba tahun sebelumnya yakni 2018, sedangkan KSB tuan rumah kali ini karena juara tahun 2019 tingkat Provinsi NTB.

“ Pengalaman kami tahun sebelumnya sebagai tuan rumah, dan KSB saat ini sangat ramai, antusias masyarakatnya sungguh luar biasa, “ ujarnya.

Selain kegiatan utama lomba memasak serba ikan, di Pantai Balad menyemarakkan kegiatan tersebut juga digelar senam missal dan sepeda santai.

Adapun pemenang untuk lomba memasak serba ikan tingkat Provinsi NTB ke 17 tahun 2019, yakni Juara I Kota Bima dengan nilai 86,40, kemudian Juara II Kota Mataram dengan nilai 85,80 dan Juara III Kabupaten Lombok Barat dengan nilai 81,10.

Untuk juara harapan I Kabupaten Bima dengan nilai 78,80, harapan II Kabupaten Lombok Tengah dengan nilai 77,80 dan juara harapan III Kabupaten Lombok Utara dengan nilai 73,10, sedangkan untuk juara favorit diraih Kota Mataram.

Para pemenang ini, setelah mendapatkan nilai terbaik oleh masing-masing dewan juri yang terdiri dari 5 orang yakni dari, Tim Penggerak PKK Provinsi NTB, Asosiasi Chef Indonesia,Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa Barat, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTB dan Dinas Kelautan dan perikanan KSB.(K-1)

Video Memasak Serba Ikan

%d bloggers like this: