Hebat, SMKN 1 Taliwang Gelar Pemilu OSIS dengan E-Voting

KMCNews, – Pendidikan politik dan system demokrasi kita sudah sepatutnya diajarkan secara konsisten, terutama dilingkungan sekolah.

Seperti yang dilakukan SMKN 1 Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat, dalam memilih Ketua OSIS yang baru digelar Pemilu secara demokratis, yang berlangsung Jum’at (16/8/19).

” Kegiatan ini sebagai salah satu bentuk pembelajaran mata pelajaran PPKN dengan tujuan untuk memberikan pendidikan demokrasi dan pengetahuan sejak dini tentang tata cara pemilu bagi para siswa,” Zubaidah,S.Pd, Guru PPKN SMKN 1 Taliwang.

Aplikasi E-Voting

Menariknya lagi, pelaksanaan pemungutan suara dilakukan dengan sentuhan tekhnologi digital dalam bentuk aplikasi E-Voting.

Aplikasi ini diciptakan oleh Karyadi, S. Kom yang juga merupakan guru SMKN 1 Taliwang bidang studi Tekhnik Komputer dan Informatika.

Ditempat yang sama, Guru Pembina OSIS SMKN 1 Taliwang, Bambang Ridwan,S.Ag mengatakan, harapannya kedepan dengan menggunakan aplikasi ini siswa lebih paham teknologi kemudian siswa mampu membuat aplikasi – aplikasi seperti itu.

Pantauan KMC News dilapangan nampak para siswa dan sejumlah guru sangat antusias mengikuti Pemilu OSIS ini, apalagi dengan sentuhan tekhnologi aplikasi E-Voting membuat siswa lebih bersemangat mencoba dan mereka umumnya mengaku merasakan manfaat proses Pemilu ini dan dirasakan berlangsung adil dan transparan.

Adapun yang memiliki hak suara dalam Pemilu OSIS SMKN 1 Taliwang, selain siswa yang berjumlah 817 juga melibatkan 70 guru dan karyawan, termasuk Kepala Sekolah Drs. Fahruddin Yasin ZA. (K1)

Pasangan Calon Ketua Osis SMKN 1 Taliwang
%d bloggers like this: