Hanya Tamatan STM Raih Pretasi Mekanik Terbaik

KMCNews – Kemauan untuk terus belajar dan mengasah diri serta menjadikan pekerjaan sebagai hobby, inilah kunci rahasia sukses Rachmat Haryadi hingga menjadi pucuk pimpinan Trakindo Batu Hijau Sumbawa Barat, salah satu Cabang Trakindo terbesar di tanah air.Bagaimana dan siapa sosok Rachmat Haryadi serta kiat suksesnya, berikut sedikit ulasan tim redaksi Kabar.

Sumbawa Barat, Kabar – Mengawali karier sebagai karyawan PT. Trakindo Utama sebuah perusahaan agen tunggal alat berak merk Caterpillar sejak tahun 1981, Rachmat Haryadi kini dipercayai memimpin Trakindo Batu Hijau, mulai tahun 2012 lalu.

Tamat Sekolah Teknik Mesin (STM), Rachmat mencoba peruntungan menjadi karyawan dengan melamar dan mengikuti test perusahaan ini di Cabang Balikpapan Kalimantan Timur, putra kelahiran Malang Jawa Timur ini waktu itu terpilih lolos sebagai karyawan dari ribuan orang yang melamar.

Meniti karier di Trakindo hampir semua bidang tugas telah ia lakukan, mulai dari Finance, Administrasi, Engine Section hingga dilepas menjadi mekanik yang merupakan pekerjaan ujung tombak di Trakindo, dimana pekerjaan tersebut berhadapan langsung dengan customer.

Selama berkarier di Trakindo, Rachmat juga pernah bekerjasama dengan berbagai perusahaan diberbagai bidang, mulai dari Industri Perkapalan, Pertambangan dan perkebunan, sudah 9 Cabang Trakindo tempat ia bertugas.Dan sejak tahun 1998 ia dipindahkan ke Trakindo Batu Hijau Sumbawa Barat.

Kini sudah 33 tahun Rachmat mengabdi di Trakindo, berbagai prestasi telah ia raih diantaranya 4 kali pernah meraih prestasi sebagai mekanik terbaik di Kalimantan.

“ Kalau prestasi yang kecil sih tak terhitung, kuncinya kita punya komitmen maju dan mau belajar,”ujarnya.

Meski tamat STM atau SMK saat ini, Rachmat tidak berkecil hati meraih prestasi, ketekunan serta prinsip hidup Knowledge is power but charakter is more important menjadi landasan berpijak meraih puncak sukses.

“ Kalau mau kaya bukan di Trakindo tempatnya, tetapi jika ingin ilmu dan berkembang disini tempatnya,” katanya.

Trakindo menurut Rachmat adalah perusahaan yang sangat peduli dengan perkembangan Sumber Daya Manusia, kesempatan untuk terus tumbuh dan berkembang bagi setiap karyawan di Trakindo sangat besar, apalagi kemajuan tekhnologi Caterpillar tumbuh dan berkembang pesat.

Belasan tahun sudah Rachmat bertugas di Sumbawa Barat, lalu bagaimana kesannya terhadap daerah ini, secara pribadi ia mengakui daerah ini tumbuh dan berkembang terutama di bidang pendidikan.

Sejak bertugas di Sumbawa Barat, ia mengaku memboyong seluruh anggota keluarga sejak awal, dan anaknya pun menyelesaikan pendidikannya di KSB tepatnya di Buin Batu International School.

“ Jujur awal saya datang kesini susah sekali, jalan yang jelek barang dan kebutuhan susah diperoleh terutama di daerah Maluk dan kita harus datang ke Taliwang,”katanya.

Dibagian akhir Rachmat berbagi, terutama bagi anak muda Sumbawa Barat terutama yang ingin mencari kerja, ia berpesan teruslah berjuang dan mengasah diri hingga suatu saat banyak kesempatan jika bekal telah banyak dimiliki.

Meski tamatan SMK sekalipun dikatakannya jangan berkecil hati asal mau terus mengasah diri, dan Trakindo sendiri menurutnya membuka peluang bagi tamatan SMK dalam program basic mekanik tentu jika ada kebutuhan.

“ Sudah belasan tahun saya disini dan saya ingin pensiun di Sumbawa Barat,” demikian Rachmat Haryadi menutup bincangnya dengan Kabar.(K-1)

Beri Komentar Di Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *