Ket. Foto. Yuni Bourhany dengan Latar Potret Kemiskinan di NTB yang terus dipantaunya.

Sumbawa Barat – Gonjang ganjing dan sorotan tajam terkait CSR PT Amman Mineral Nusa Tenggara yang diangkat sejumlah komponen masyarakat Sumbawa Barat belakangan ini, seharusnya menjadi atensi Gubernur NTB Dr.Zulkieflimansyah.

Aktivis Perempuan Sumbawa Barat Yuni Bourhany, mengadu ke Gubernur NTB soal CSR Amman Mineral yang sejauh ini dirasakan tidak memberi danpak positif ditengah masyarakat.

Menurut Yuni sapaan akrabnya, apa yang dilakukan Amman Mineral selama ini seperti pelatihan bagi UMKM lokal dinilai tidak cukup bagi perusahaan sekelas Amman Mineral.

“ Tidak cukup bagi perusahaan sekelas PT. Amman Mineral Nusa Tenggara kalau hanya sekedar memberi pelatihan bagi UMKM lokal. Kalau mereka emang punya niat serius membangun ekonomi masyarakat lewat pengembagan UMKM, harusnya dari hulu sampai hilir mereka garap,” ujar Yuni kepada Media, Senin (10/10/22).

Yuni bilang, peran pemberdayaan dan strategi partisipatif  mestinya harus juga jalankan perusahaan, apalagi Amman Mineral dengan jumlah karyawannya yang ribuan sebarusnya bisa menyerap atau membeli produk UMKM lokal untuk dikonsumsi oleh karyawan.

“ Tidak sulit bukan  Pak Gubernur untuk membuat KSB lebih baik keadaannya selama 4 tahun anda berkuasa, Tahun 2018 awal semua kesengsaraan itu terjadi dimana kebijakan tidak memihak ke Rakyat KSB dan Bapak pura-pura amnesia jika berhubungan dengan PT.AMNT. Tau apa yang kami mau, sejahtera layaknya dl PT.NNT hidup bersama kami dalam harmoni kebersamaan antara Lokal dan Pengusaha begitu terjalin dengan kehangatan,” tandas Yuni lagi, seperti ditulisnya juga dalam status Medsosnya belum lama ini.

Yuni menilai, indikator keberhasilan seorang pemimpin ketika dia mampu meningkatkan kesejahteraan bagi rakyatnya maka itulah keberhasilan yang sempurna bukan hanya sukses diatas kertas tanpa pengakuan yang sesungguhnya,  dari naiknya angka pengangguran membuktikan bahwa kegagalan itu butuh atensi.

“ Setelah Bapak memimpin kami semua berubah drastis tak ada lagi kehangatan itu hanya penderitaan yang datang dari segala penjuru mata angin selama 4 tahun ini. Bapak memperlihattkan “kemandulan” dalam memimpin dimana diseberang sana semua orang mengelu-elukan keberhasilan Bapak bak sempurna tak bercela sebagai Pempimpin sukses yang telah mampu membuat event dunia terlaksanakan dengan baik,” tukas Yuni menyesalkan sikap Gubernur NTB.

Sorotan tajam oleh komponen masyarakat KSB soal CSR Amman Mineral sejauh ini nampak belum mendapat respon dari Gubernut NTB, Managemen Amman Mineral sendiri dalam RDPU dengan DPRD Sumbawa Barat yang diwakili Ahmad Salim, sempat menyenggol Gubernur NTB,  komponen di KSB berharap Gubernur NTB juga dapat memonitor CSR Amman Mineral agar dapat dimanfaatkan secara maksimal terutama dalam mengangkat ekonomi lokal Sumbawa Barat.

Padahal Gubernur NTB dalam kaitannya dengan keberlangsungan tambang Amman Mineral dan rencana pengembangan industry lainnya  di Sumbawa Barat, diawal sebelum memimpin NTB beralasan jika dirinya maju sebagai calon Gubernur NTB karena KSB.

“ Ini sebenarnya yang kami harapkan dari Gubernur, mana janjinya saat mau maju Gubernur dulu, mana perhatiannya untuk KSB yang katanya akan ada industry besar sebagai penopang peningkatan ekonomi rakyat, apa yang Gubernur lakukan untuk mengangat ekonomi rakyat sejauh ini,”pungkas Yuni Bourhany.(K1)

 

Post ADS 1
Artikel sebelumyaHaji Sumardan Beri Wejangan Maba KSB di Malang, Ajak Jadi Generasi Baik
Artikel berikutnyaSah, Sumitomo Sepakat Kerja Sama dengan PT KHE Bangun PLTA Kayan Cascade

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here